Harga Lahan di Kawasan Industri Ngoro Capai Rp 1,5 Juta Per Meter

Kompas.com - 07/11/2014, 17:30 WIB
Kawasan industri Ngoro diisi perusahaan manufaktur, consummer goods, dan industri ringan lainnha. Hilda B A/KOMPAS.comKawasan industri Ngoro diisi perusahaan manufaktur, consummer goods, dan industri ringan lainnha.
|
EditorLatief
SURABAYA, KOMPAS.com - Harga lahan di kawasan industri Ngoro atau Ngoro Industrial Park, Mojokerto, mencapai angka Rp 1,5 juta per meter persegi. Tingginya harga lahan di kawasan industri yang dikembangkan PT Intiland Development Tbk itu didorong oleh tumbuhnya permintaan dari perusahaan-perusahaan asing dan lokal.

Project Manager Ngoro Industrial Park, Wihardi Hosen, mengatakan perusahaan-perusahaan tersebut ada yang melakukan ekspansi atau penambahan luas pabrik. Beberapa perusahaan juga ada yang baru membangun pabrik.

"Hingga Oktober 2014, tingkat hunian mencapai 80 persen dari total 500 hektar yang dikembangkan. Tingginya kebutuhan ini mendorong pertumbuhan harga lahan menjadi Rp 1,5 juta per meter persegi dari sebelumnya yang hanya Rp 1 juta hingga Rp 1,2 juta per meter persegi," jelas Wihardi kepada Kompas.com, Jumat (7/11/2014).

Menurut dia, ada 85 perusahaan bergabung dengan Ngoro Industrial Park. Sebagian besar merupakan perusahaan multinasional berbasis di Asia, yakni dari Taiwan, Jepang, China, Korea Selatan, dan beberapa dari Eropa, salah satunya Perancis.

"Beli tanah dan bangun sendiri. Ukuran tanah yang diminati sekitar 10 sampai 20 hektar. Rata-rata untuk industri ringan manufaktur, consummer goods, makanan, minuman, dan lain-lain. Tak ada industri berat," tambah Wihardi.

Perusahaan-perusahaan itu, lanjut Wihardi, meminati Ngoro Industrial Park karena prospektif dan strategis. Berada di Kabupaten Mojokerto, lokasinya dikelilingi akses jalan bebas hambatan yang langsung menuju Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

"Selain itu, kawasan industri ini juga dirancang sebagai gedung hijau dan ramah lingkungan," ujarnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X