Nih... Tiga Langkah Simpel Memangkas Tagihan Listrik!

Kompas.com - 06/11/2014, 10:25 WIB
Ya, gadget memang berkontribusi membuat konsumsi energi menjadi lebih tinggi. Pasalnya, lanjut  Higgins, benda-benda elektronik tetap akan menambah tagihan Anda jika dalam kondisi tidak menyala. www.shutterstock.comYa, gadget memang berkontribusi membuat konsumsi energi menjadi lebih tinggi. Pasalnya, lanjut Higgins, benda-benda elektronik tetap akan menambah tagihan Anda jika dalam kondisi tidak menyala.
|
EditorLatief

KOMPAS.com - Keluarga Higgins, yang terdiri atas empat orang, mengatakan selalu mencari kesempatan untuk memangkas tarif dan penggunaan energi di rumah mereka. Bagaimanapun juga, hingga hari ini, mereka masih mencari kemungkinan untuk bisa menghemat tagihan listrik lebih rendah dari sebelumnya, yaitu 400 poundsterling atau setara Rp 7,7 juta per tahun.

"Kami peduli lingkungan. Kami mengolah kembali dan mendaur ulang. Dapat dikatakan bahwa kami berhati-hati dalam menggunakan energi. Kami yakin dapat menghemat energi lebih dari ini," kata Higgins.

Tak sulit mengaplikasikannya.  Berikut tiga strategi simpel keluarga Higgins memangkas penggunaan energi serta tagihan di rumahnya:

1. Mematikan pemanas air dan penghangat

Keluarga Higgin menggunakan timer atau pengatur waktu untuk penggunaan penghangat ruangan. Dengan begitu, rumah mereka tetap hangat saat pagi hari dan saat anak mereka, Theo dan Lily, kembali dari sekolah.

2. Mematikan alat elektronik

"Segala hal berbau teknologi meningkatkan tagihan kita," kata Higgins.

Ya, gadget memang berkontribusi membuat konsumsi energi menjadi lebih tinggi. Pasalnya, lanjut  Higgins, benda-benda elektronik tetap akan menambah tagihan Anda jika dalam kondisi tidak menyala.

Untuk itu, meninggalkan televisi dalam keadaan stand-by dan membiarkan peralatan elektronik teraliri listrik hanya akan menambah beban tagihan. Higgins mengaku telah menambahkan 80 poundsterling ke dalam tagihan mereka.

"Ketika kami kembali bekerja dan sekolah, kami perlu memastikan kami telah mematikan seluruh alat elektronik sebelum kami meninggalkan rumah," kata Higgins.

3. Mengganti lampu biasa dengan LED

Secara sederhana, dengan mengganti lampu rumah, Anda dapat memberi perubahan dan penghematan besar. Selain itu, lampu LED juga bertahan dua kali lebih lama daripada lampu biasa.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X