Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Hal Penting Sebelum Menjadi Desainer Interior

Kompas.com - 04/11/2014, 11:52 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com – Sebelum membuat pilihan menjadi desainer, ada beberapa hal perlu Anda ketahui tentang dunia desain. Beberapa di antaranya merupakan tantangan yang biasanya dihadapi oleh desainer interior setiap hari. Simak berikut ini:

1. Dekorator dan desainer berbeda

Perbedaan terbesar antara dekorator dan desainer adalah dalam hal pendidikan. Hampir semua orang dapat menjadi seorang dekorator. Seseorang yang menyukai bermain dengan warna, kain, dan tekstil, dapat dengan mudah menjadi seorang dekorator dengan cara mencetak kartu nama dan mempromosikan dirinya sendiri pada kliennya.

Tentu, itu bukanlah hal yang buruk. Hanya, latar belakang pendidikan juga dibutuhkan.

Sementara itu, desainer interior setidaknya harus memiliki pendidikan yang terakreditasi. Seorang desainer interior harus memiliki sertifikat sarjana atau sederajat untuk bekerja di ranah desain interior.

www.houzz.com Dalam fengsui warna kamar, sifat merah memberi stimulasi dan dominan. Ini erat kaitannya dengan sifat hangat serta kemakmuran. Untuk ruangan, merah mengurangi ukuran, tetapi memperbesar ukuran objek.

2. Anda memiliki bakat mendesain?

Untuk menjadi seorang desainer interior, Anda harus memiliki bakat bawaan terhadap warna, aransemen spasial, arsitektur dan tekstil.

Hanya karena Anda mencintai rumah Anda, menerima pujian atas dekorasi Anda, dan orang-orang berpikir bahwa Anda telah mengerjakan dekorasi dengan baik, tidak berarti Anda ideal menjadi seorang desainer interior. Tetapi, hal tersebut dapat dikatakan sebagai langkah pertama.

3. Desain interior tak hanya tentang kain dan aransemen warna

Desainer interior harus memiliki pengetahuan pada desain, struktur integritas pada bangunan dan juga paham akan peraturan, ergonomik, konsep spasial, etika, psikologi, dan lain-lain.

Semua kemampuan itu dibutuhkan karena desainer bukan hanya bekerja dengan pemilik rumah, tetapi juga dengan arsitek, kontraktor, kebijakan pemerintah, dan pemilik bisnis. Untuk menjadi seorang desainer interior, seseorang harus sangat berpendidikan dan bekerja dengan disiplin.

Justin Coit Interior rumah

4. Anda harus menjadi "mahluk sosial"

Seorang desainer interior adalah orang yang pandai berkomunikasi dan bahkan membaca pikiran seseorang. Desainer yang sukses dapat menyetir kliennya terhadap hasil ruangan yang baik, sementara klien merasa bahwa merekalah pemegang kendali pilihan desain.

5. Kembangkan sebuah portofolio

Gambar menjelaskan lebih dari sekedar kata-kata. Portofolio menunjukkan desain Anda dan proyek Anda sebelumnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com