"Rumah Hobbit" Ini Dijual Senilai Rp 14,5 Miliar

Kompas.com - 03/11/2014, 12:27 WIB
Rumah Hobbit dipatok seharga Rp 14,5 Miliar. huffingtonpostRumah Hobbit dipatok seharga Rp 14,5 Miliar.
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Jika Anda penyuka film The Hobbit, pasti mengenali rumah di Bethesda, Maryland ini. Rumah yang dikenal sebagai "rumah jamur" atau "rumah hobbit" ini masuk ke pasar dan dibanderol seharga 1,2 juta dollar AS (Rp 14,5 miliar).

"Rumah Jamur" ini telah lama menjadi daya tarik di kawasan sekitarnya. Selain sebagai "rumah jamur", masyarakat sekitar mengenalnya sebagai "Smurf House" dan "Flintstones House".

Pemiliknya, Edward dan France Garfinkle, membeli rumah tersebut pada 1967. Rumah ini sendiri dibangun pada 1923. Luas bangunan mencapai 334 meter persegi dengan lahan 557 meter persegi.

Mereka mengubahnya menjadi rumah yang unik, dengan menambahkan langit-langit yang tinggi, jendela pada loteng, dan dinding yang melekuk-lekuk.

"Saat itu, kami melihat sesuatu yang berbeda. Kami tidak ingin tinggal di dalam "kotak"," kata Edward.

Ambisi proyek ini, sayangnya, membawa mereka pada kebangkrutan.

"Kami pikir biaya pembangunannya tidak mahal. Kami membangunnya saat kami muda. Setelah waktu berlalu, kami merasa bodoh," aku Edward.

Beberapa dekade setelah mengubah rumah tersebut, Edward dan France siap menjualnya dan menunjukkan interior dalam "rumah hobbit" ini.

"Banyak orang ingin melihat isi rumah ini. Seseorang bahkan pernah mengetuk pintu rumah kami dan berkata 'Bolehkah saya masuk?' Kami menjawab, 'Tidak'. Mereka bertanya, 'Kenapa?' Kami pun menjawab, 'Ini rumah kami, kami tinggal di sini.' Tapi, kemudian lama-lama terasa menyenangkan," kata Edward.

Rumah ini memiliki empat kamar tidur, dua kamar mandi, dan satu kamar mandi kecil yang dilengkapi dengan pemanas air, pendingin ruangan, kipas angin, gas alami, dan beberapa fasilitas lainnya.


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X