Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengaku "Pede", ALatief Corporation Perbesar Bisnis Properti

Kompas.com - 29/10/2014, 19:36 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - ALatief Corporation akan memperbesar porsi bisnis propertinya pada tahun-tahun mendatang. Selama ini perusahaan tersebut fokus pada sektor ritel, periklanan, dan agrobisnis. 

Chairman ALatief Corporation, Abdul Latief, mengungkapkan hal tersebut kepada Kompas.com, Rabu (29/10/2014). Dia mengatakan, rencana strategis tersebut termasuk memanfaatkan aset-aset "idle" dan pengembangan lahan yang tersebar di Jakarta, Bandung, Bali dan Lombok.

"Terdorong pesatnya pertumbuhan pasar properti dalam beberapa tahun terakhir, kami akan semakin memperbesar divisi properti. Tahun depan hingga 10 tahun saya perkirakan tumbuhnya dua digit. Kami percaya diri untuk mengembangkan divisi properti," ujar Latief.

Untuk tahap awal, lanjut dia, melalui PT Pasaraya International Hedonisarana, pihaknya akan membangun menara perkantoran Sentraya di kawasan Blok M, Jakarta Selatan. Menara setinggi 41 lantai itu akan beroperasi pada semester pertama 2015.

"Dana yang dialokasikan untuk membangun perkantoran tersebut sekitar 100 juta dollar AS atau setara Rp 1,2 triliun," papar CEO PT Pasaraya International Hedonisarana, Ahmad Dipoditiro.

Tahap kedua, sambung Latief, pihaknya akan memanfaatkan lahan di Manggarai, Jakarta Selatan. Lahan seluas 2,6 hektar tersebut saat ini sudah dikembangkan menjadi Pasaraya Manggarai.

"Pusat belanja tersebut akan direnovasi dan diintegrasikan dengan apartemen sebanyak 1.000 unit untuk kelas menengah Jakarta. Kami akan memulai konstruksi pada pertengahan 2015 mendatang," ujar Ahmad.

Adapun tahap berikutnya adalah pemanfaatan landbank untuk dijadikan properti komersial perhotelan berkonsep resor.

"Bisnis properti Indonesia sedang bagus. Itulah kenapa kami berani lebih serius menggarap bisnis ini. Tidak hanya perkantoran dan pusat belanja, juga perhotelan," ujar bos Pasaraya yang pernah menjabat Menteri Tenaga Kerja itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com