Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikuti Cara Jitu Bersihkan Rumah Tanpa Menyewa Pembantu

Kompas.com - 28/10/2014, 16:21 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com - Ada banyak faktor yang membuat Anda tidak bisa membersihkan rumah Anda setiap hari. Sibuk bekerja, adalah salah satunya.

Lalu, bagaimana menjaga rumah Anda tetap bersih, tanpa harus menyewa pembantu?

1. Letakkan baju di tempatnya

Ketika mengganti pakaian, seringkali Anda memilih untuk melemparkannya ke kursi, atau bahkan ke lantai. Tinggalkan kebiasaan ini. Karena, tidak perlu waktu lama untuk menaruh pakaian tersebut kembali ke lemari atau meletakkannya di keranjang baju khusus laundry.

Anda akan bersyukur nantinya, karena tidak harus menghabiskan banyak waktu untuk mengumpulkan baju-baju tersebut saat waktunya mencuci. Hal yang sama juga terjadi ketika Anda mencoba pakaian atau ketika baru saja selesai mencuci.

2. Jangan biarkan barang berserakan

Sama halnya dengan pakaian, Anda tidak harus menempatkan barang-barang di tempatnya. Misalnya pada buku, kaset, CD, seluruhnya memiliki tempat masing-masing. Segera setelah digunakan, kembalikan mereka langung ke raknya.

2. Kurangi barang-barang tidak perlu

Apa yang akan Anda lakukan dengan berpuluh-puluh set toples atau panci? Jika Anda tidak membutuhkannya, jangan tergoda untuk terus membelinya. Selain menghemat tempat, Anda juga tidak perlu kesulitan membersihkannya secara rutin ketika tidak digunakan.

3. Batasi penggunaan kertas

Mengurangi penggunaan kertas, membuat Anda tidak perlu membersihkan sisa-sisa yang tidak terpakai. Anda dapat membuat satu folder di dalam komputer Anda, untuk menyimpan dokumen, atau menyediakan satu tempat khusus untuk menyimpan dokumen penting.

4. Hindari dekorasi kasur yang berlebihan

Memang menyenangkan memiliki kasur yang penuh dengan bantal dan selimut sebagai dekorasi. Tetapi, buatlah seminimal mungkin. Semakin sedikit barang di atas tempat tidur, semakin sedikit upaya Anda untuk membereskannya saat bangun tidur.

5. Bersihkan alat makan segera

Faktanya, peralatan makan tidak sulit untuk dibersihkan. Jika Anda meninggalkan dan membuatnya menumpuk sampai berhari-hari, tentu rumah akan terlihat kotor bahkan menimbulkan bau yang tidak sedap. Lebih baik menghabiskan waktu beberapa menit untuk mencuci tiga sampai lima piring kotor daripada mencuci 15 piring saat akhir minggu.

6. Sapu atau vakum lantai secara rutin

Beberapa menit untuk menyapu atau mem-vakum setidaknya dua sampai tiga kali seminggu, dapat mengurangi tenaga Anda dalam membersihkan rumah secara menyeluruh saat akhir minggu. Anda tentu ingin beristirahat saat libur, bukan?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com