Ini Baru yang Namanya "Apartemen Hijau"...

Kompas.com - 27/10/2014, 00:09 WIB
Apartemen itu disebut 'hutan vertikal' karena rancangannya mengintegrasikan lebih dari 1000 spesies pohon, semak, dana tanaman berbeda. Benar-benar www.designboom.comApartemen itu disebut 'hutan vertikal' karena rancangannya mengintegrasikan lebih dari 1000 spesies pohon, semak, dana tanaman berbeda. Benar-benar "apartemen hijau".
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Kebutuhan sebuah green building memang sudah semakin mendesak, terlebih di beberapa kota di negara maju. Atas dasar itulah. di Milan, Italia, muncul sebuah apartemen dengan nama 'bosco verticale.'

Nama tersebut merupakan bahasa Italia yang berarti 'hutan vertikal' atau dalam bahasa Inggris disebut vertical forest. Apartemen tersebut dirancang oleh arsitek kebangsaan Italia, Stefano Boeri.

Konsep rancangan Boeri itu terdiri dari dua menara dengan masing-masing menaranya berisikan 113 apartemen. Semua apartemen memberikan pemandangan yang luas sepanjang ke arah Milan.

www.designboom.com Benar-benar
Apartemen itu disebut 'hutan vertikal' karena rancangannya mengintegrasikan lebih dari 1000 spesies pohon, semak, dana tanaman berbeda. Benar-benar "apartemen hijau". Karena, secara total, apartemen ini ditanami 780 pohon dan bertujuan meningkatkan keanekaragaman hayati yang mungkin telah rusak selama konstruksi proyek.

Masing-masing menara apartemen memiliki tinggi mencapai 112 meter dengan balkon menonjol keluar di tiap fasad apartemen. Tiap apartemen memiliki taman pribadi guna melindungi ruang hidup interior dari polusi akustik, partikel debu, angin kencang, dan sinar matahari langsung.

www.designboom.com Masing-masing menara apartemen memiliki tinggi mencapai 112 meter dengan balkon menonjol keluar di tiap fasad apartemen. Tiap apartemen memiliki taman pribadi guna melindungi ruang hidup interior dari polusi akustik, partikel debu, angin kencang, dan sinar matahari langsung.
Di bagian atap, terdapat panel fotovoltaik atau panel surya yang berkontribusi pada efisiensi energi di kompleks apartemen. Sementara itu, pengolahan air keruh dari gedung disaring dan digunakan kembali untuk mengairi tumbuhan di apartemen.

Boeri mengatakan, apartemen 'hutan vertikal' itu merupakan caranya untuk terus menjaga ruang hijau di tengah hiruk-pikuk perkotaan.

"Saya rasa ini adalah prototipe dari sebuah cara yang mungkin bisa untuk memperpanjang lingkungan alam dalam konteks urban," kata Boeri.

Menurut Boeri, 'hutan vertikal' ini akan mampu menjadi cara tepat untuk mengembangkan keanekaragaman hayati di tengah kota. Untuk merealisasikan ide itu, Boeri dan teman-temannya selalu meminta pendapat para ahli melihat seberapa besar efek 'hutan vertikal' tersebut pada lingkungan di sekitar Milan.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X