Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Lahan 283 Hektar, Bos Facebook Hanya Bangun Satu Rumah

Kompas.com - 17/10/2014, 15:29 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com - Untuk kebanyakan orang, 100 juta dollar AS adalah suatu pencapaian yang luar biasa. Tetapi, bagi Mark Zuckerberg, hal tersebut hanya penurunan sedikit dari kekayaan bersihnya yang mencapai 32 miliar dolar AS atau Rp 388 triliun.

Pendiri sekaligus CEO Facebook ini, baru saja membeli lahan 283 hektar tepi pantai di Hawaii seharga 100 juta dolar atau ekuivalen Rp 1,2 triliun. Ini artinya, sang maestro media sosial tersebut menguasai seluruh Kahu'aina Plantation dan Pila'a Beach.

Sebagian besar lahan di Kahu'aina Plantation, digunakan untuk perkebunan tebu. Perkebunan ini menjadi sentra pertanian organik yang menghasilkan berbagai produk holtikultura dan rempah-rempah.

Menurut Business Insider, Kahu'aina Plantation dapat dikembangkan hingga 80 rumah. Meski begitu, Zuckerberg berencana untuk membangun hanya satu unit rumah di lahan tersebut.

Sementara itu, Forbes  melaporkan, meskipun bos Facebook ini menandatangi perjanjian agar pembelian lahan ini tidak disebarluaskan, fakta bahwa ia membeli tanah di Kauai North Shore ini sudah menjadi rahasia umum di pulau tersebut.

Tahun lalu, gambar Zuckerberg yang sedang menikmati roti tangkup isi di Bubba Burgers, menghiasi halaman pertama surat kabar lokal.

Ini bukanlah hal baru bagi Zuckerberg membeli proeprti untuk tujuan menjaga privasi. Dia juga membeli beberapa rumah di sebelah kediamannya di Pali Alto, untuk menghalau tetangganya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com