Taiwan Bersiap Bangun Apartemen Setinggi 163 Meter

Kompas.com - 14/10/2014, 15:16 WIB
Pembangunan The Taichung Condminium Tower  bertujuan untuk menciptakan 110 apartemen mewah di pusat kota dengan berbagai macam fasilitas di dalamnya, misalnya kolam renang pribadi, pusat kebugaran, dan taman langit atau sky garden. www.dezeen.comPembangunan The Taichung Condminium Tower bertujuan untuk menciptakan 110 apartemen mewah di pusat kota dengan berbagai macam fasilitas di dalamnya, misalnya kolam renang pribadi, pusat kebugaran, dan taman langit atau sky garden.
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Dunia arsitektur Taiwan kembali menggeliat dengan rencana pembangunan sebuah gedung setinggi 163 meter. Gedung itu rencananya akan dibangun di Kota Taichung.

The Taichung Condminium Tower dirancang oleh Richard Meier & Partners, sebuah firma arsitektur asal Amerika Serikat. Pembangunan gedung itu bertujuan untuk menciptakan 110 apartemen mewah di pusat kota dengan berbagai macam fasilitas di dalamnya, misalnya kolam renang pribadi, pusat kebugaran, dan taman langit atau sky garden.

Bangunan tersebut akan terdiri dari dua struktur yang dihubungkan oleh sebuah inti tangga tunggal. Menara utara akan langsung menghadap ke pemandangan kota, sedangkan menara selatan akan mengakomodasi pintu masuk gedung.

www.dezeen.com Bangunan tersebut akan terdiri dari dua struktur yang dihubungkan oleh sebuah inti tangga tunggal. Menara utara akan langsung menghadap ke pemandangan kota, sedangkan menara selatan akan mengakomodasi pintu masuk gedung.
Richard Meier, yang dikenal dengan rancangan Getty Center di Los Angeles, mengatakan bahwa proyek tersebut akan berkontribusi pada "semangat arsitektur dinamis" Taichung. Hal itu sama dengan proyek-proyek yang sedang dikerjakan SANAA, Zaha Hadid, dan MAD.

"Menara baru ini merespon skala pembangunan kota yang sudah ada sambil mempertahankan arsitektural modern sehingga kami melanjutkan untuk menyempuranakan dan terus mengeksplorasi seluruh pekerjaan kami," ujar Richard.

Richard juga percaya, jika proyek bangunan tersebut akan menjadi tambahan baru dan menonjol bagi Taichung dan akan mewujudkan komitmen mereka untuk membangun arsitektur lainnya yang berkualitas dan tak lekang oleh waktu.

Adapun fasad utama The Taichung Condominium Tower akan diisi oleh dinding tirai kaca dan diselingi oleh area yang dibungkus alumunium putih. Menara selatan juga akan menampilkan layar kaca tembus pandang untuk menawarkan privasi tambahan bagi penghuninya.

Selain itu, rancangan bangunan ini juga terintegrasi dengan rangkaian balkon dan teras untuk menciptakan beragam kondisi cahaya.

www.dezeen.com Adapun fasad utama The Taichung Condominium Tower akan diisi oleh dinding tirai kaca dan diselingi oleh area yang dibungkus alumunium putih. Menara selatan juga akan menampilkan layar kaca tembus pandang untuk menawarkan privasi tambahan bagi penghuninya.
"Rancangan menara ini mewujudkan inti prinsip kami tentang pencahayaan dan transparansi," kata Dukho Yeon, satu dari dua rekan kerja Meier.

Sementara itu, menurut Vivian Lee, rekan kerja Meier lainnya, rancang menara ini digunakan sebagai sebuah kesempatan untuk dijadikan sebagai mercusuar kota Taichung. Dalam rancangannya, tiga tingkat paling bawah akan digunakan untuk fasilitas penghuni, seperti tempat pijat, lounge, dan ruang perjamuan ala Barat dan Tiongkok. The Taichung Condominium Tower ini diperkirakan akan selesai dibangun pada awal 2018.



Sumber Dezeen
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X