Kompas.com - 10/10/2014, 09:07 WIB
Waldorf Astoria, New York, AS, hasil rancangan HOK. waldorfastoria3.hilton.comWaldorf Astoria, New York, AS, hasil rancangan HOK.
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Gelombang "tsunami" investasi asal Asia semakin mengalir deras ke pasar properti Amerika Serikat dalam dua tahun terakhir. Sepanjang paruh pertama 2014, jumlah fulus yang ditanamkan senilai 16,1 miliar dollar AS atau melonjak 40 persen ketimbang periode yang sama tahun lalu.

Menurut konsultan properti global CBRE, sumber kapital tersebut berasal dari Singapura dengan porsi sebanyak 29 persen, Hongkong 25 persen, Tiongkok 23 persen, dan Malaysia 5 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Aktivitas investasi terbaru, dilakukan oleh perusahaan asuransi Tiongkok yakni Anbang Insurance Group Co Ltd yang mengakuisisi The Waldorf Astoria, New York senilai 1,95 miliar dollar AS dari Hilton Worldwide Holdings Inc. Transaksi ini sekaligus merupakan pembelian aset tunggal terbesar di AS yang dibeli investor Asia tahun 2014.

Transaksi  The Waldorf Astoria mengikuti akuisisi sebelumnya atas situs eks toko serba ada Robinsons-Mei di Wilshire Boulevard, Beverly Hills, Los Angeles, oleh Wanda Group, pengembang properti terbesar Tiongkok.

CBRE telah melacak lonjakan investasi Asia di padar proeprti komersial AS secara keseluruhan (semua sektor) pada semester pertama 2014. Mereka memprediksi hingga akhir tahun, jumlah investasi akan terus meroket dan melampaui investasi yang dilakukan pada tahun 2013.
 
Global Head of CBRE Hotel, Kevin Mallory, mengatakan, transaksi The Waldorf Astoria merupakan harga tertinggi yang pernah dibayarkan perusahaan asuransi untuk aset satu hotel di AS. Peraturan baru memungkinkan perusahaan asuransi Tiongkok untuk berinvestasi hingga 15 persen dari aset mereka pada properti non-self-use.

"Ada pun jumlah aset Anbang insurence saat ini adalah 1,2 triliun dollar AS," ujar Mallory.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.