Kompas.com - 08/10/2014, 17:39 WIB
Interior Shangri-La Doris Duke FoundationInterior Shangri-La
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Pewaris raja tembakau Amerika, Doris Duke, jatuh cinta dengan seni budaya Islam saat ia berbulan madu ke Timur Tengah dan Asia pada 1935.

Ia pun memesan kamar tidur dan kamar mandi dengan desain yang terinspirasi Taj Mahal, makam di India yang dibangun pada abad ke-17 untuk istri kesayangannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tempat tinggal pribadi yang dipenuhi marmer dan kaca ini akan dibuka pertama kalinya ke publik minggu ini di Hawaii, setelah menjalani perbaikan dan restorasi yang panjang.

Duke, yang meninggal pada 1993, tidak pernah menjelaskan hal yang mendesaknya membangun rumah di pinggir pantai Honolulu dengan elemen arsitektur Suriah dan India, serta dengan koleksi keramik Persia abad ke 13.

Deborah Pope, direktur eksekutif rumah yang telah berfungsi sebagai museum seni Islam sejak 2002, itu mengatakan Duke tertarik pada budaya berbeda dari masyarakat elit Pantai Timur. Dia juga menyukai keindahan.

"Menurut saya, dia adalah seorang estetikus," ujar Pope yang tengah duduk di atas sofa kamar tidur Duke.

Kamar tidur terletak di ujung lorong terbuka yang membentang dari halaman utama rumah Duke. Rumah ini dinamakan Shangri La. Sebuah pintu berlubang dengan marmer dibuat oleh pengrajin India, terbuka ke ruangan berlapis ubin.

Hal yang paling mencolok, mungkin terdapat di kamar mandi dengan lantai marmer yang bertahtakan batu-batu berharga. Batu-batu ini ditata membentuk bunga tulip, anemone dan bunga lainnya.

Sebagian besar sisa rumah 14.000 kaki persegi, termasuk grand foyer dan ruang tamu, dibuka untuk umum dan para ilmuwan selama lebih dari satu dekade. Tetapi, kamar tidur dan kamar mandi, bernama Mughal Suite ditutup karena atapnya tengah diperbaiki.

Professor University of California, Sugata Ray mengatakan, kamar mandi adalah tempat yang penting bagi pelajar untuk mempelajari kebangkitan awal abad 20 melalui seni dan teknik Mughal.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.