Kurang Lahan, SD Ini Bangun Lintasan Lari di Atap Gedung!

Kompas.com - 30/09/2014, 21:17 WIB
Skema tersebut memungkinkan adanya ruang olahraga dan taman bermain untuk institusi pendidikan, selain juga menjaga ketersediaan tanah yang relatif rendah (41 persen), serta mengurangi kepadatan penggunaan ruang pada bidang tanah. www.designboom.comSkema tersebut memungkinkan adanya ruang olahraga dan taman bermain untuk institusi pendidikan, selain juga menjaga ketersediaan tanah yang relatif rendah (41 persen), serta mengurangi kepadatan penggunaan ruang pada bidang tanah.
|
EditorLatief
KOMPAS.com — Ternyata, lantai atap gedung dapat menawarkan fungsi tambahan. Arsitektur LYCS merancang Sekolah Dasar The Tiantai dengan lintasan lari sepanjang 200 meter di atap gedungnya.

Rupanya, strategi tersebut untuk merespons masalah kelangkaan tanah pada kota yang sudah tua di Tiongkok ini. Skema tersebut memungkinkan adanya ruang olahraga dan taman bermain untuk institusi pendidikan, selain juga menjaga ketersediaan tanah yang relatif rendah (41 persen), serta mengurangi kepadatan penggunaan ruang pada bidang tanah.

Bentuk gedung berlantai empat tersebut mengikuti bentuk oval pada lintasan di atap gedung. Gedung itu memiliki luas 3.000 meter persegi, termasuk area terbuka pada bidang tanah. Ada pula halaman dalam yang besar sebagai ruang pertemuan pusat untuk semua siswa, guru, dan staf administrasi. Selain itu, strukturnya diputar 15 derajat untuk membuat taman dan area parkir tambahan, dan menghubungkan ke bagian dalam gedung melalui tiga akses.

www.designboom.com Bentuk gedung berlantai empat tersebut mengikuti bentuk oval pada lintasan di atap gedung. Gedung itu juga memiliki luas 3.000 meter persegi, termasuk area terbuka pada bidang tanah.
Namun, menempatkan lintasan dan lapangan basket di atap bangunan itu memunculkan kerumitan lain. Untuk menjamin keamanan siswa selama aktivitas, area olahraga itu dikelilingi tiga lapis pagar pembatas. Penghalang tersebut dikombinasi atas dinding kaca setinggi 1,8 meter pada bagian luar dengan jeruji stainless steel setinggi 1,2 meter di bagian dalamnya, dan dipisahkan dengan ban hijau seluas 50 sentimeter.

Tambahan lainnya, untuk mengurangi kebisingan pada kelas di bawahnya, permukaan lintasan dipasangi struktur lapisan ganda. Lapisan tersebut meliputi semi-bantalan dan ditempatkan pada interval 50 x 50 sentimeter. Pada fasadnya, gedung ini menggunakan papan kaca dan papan tidak transparan.

www.designboom.com Tambahan lainnya, untuk mengurangi kebisingan pada kelas di bawahnya, permukaan lintasan dipasangi struktur lapisan ganda. Lapisan tersebut meliputi semi bantalan dan ditempatkan pada interval 50 x 50 sentimeter. Sementara pada fasadnya, gedung ini menggunakan papan kaca dan papan tidak transparan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X