Rekor Baru, Dinding Hijau Terluas di Amerika Utara!

Kompas.com - 30/09/2014, 07:28 WIB
Dinding hijau seluas lebih dari 900 meter persegi ini memecahkan rekor karya instalasi di Amerika Utara. contemporistDinding hijau seluas lebih dari 900 meter persegi ini memecahkan rekor karya instalasi di Amerika Utara.
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Desainer asal Vancouver, Green Over Grey merancang "Mountains & Trees, Waves & Pebbles" atau "Pegunungan dan Pepohonan, Gelombang dan Kerikil". Proyek dinding hijau ini ditanami 120 spesies tanaman unik dan 50.000 tanaman individu. Dinding ini terletak di Guildford Town Centre, Surrey, British Columbia, Kanada.

Berukuran lebih dari 900 meter persegi, proyek ini menjadi dinding hijau terbesar di antara instalasi manapun di Amerika Utara. Dinding ini juga memecahkan rekor dinding hijau sebelumnya yang dipegang oleh Perpustakaan Semiahmo (28 m2) dan Perpustakaan King County (292 m2).

Dengan pemasangan tanaman pada dua sisi, (bagian barat dan timur), dinding hijau ini memempel pada jalan layang yang sibuk. Dinding ini juga menjadi satu-satunya dinding hijau di Amerika Utara, yang dibangun langsung di atas jalan raya.

Pemeliharaan dilakukan melalui sebuah platform buatan yang berjalan secara memutar. Penyiraman berlangsung otomatis setiap beberapa menit sekali. Dengan cara ini, pengguna jalan di bawahnya tidak terganggu saat pemeliharaan berlangsung.

Ide di balik pekerjaan ini adalah menggabungkan pola dan desain yang menunjukkan keindahan alami British Columbia, Kanada. Dibawah pengerjaan Mike Weinmaster, inspirasi ini dapat diwujudkan.

"Saya ingin mengumpulkan inspirasi dari keindahan alami yang dapat memberikan pengalaman baru bagi pengguna jalan saat melintasi provinsi kami. Saya adalah pengagum berat fotografi, dan pegunungan menghasilkan pola organik yang bebas di mana kami menemukan pengguna jalan bergumam positif saat melihat tanaman kami," kata Weinmaster.

Dinding hijau ini meraih Guildford Town Centre's Gold LEED Certification karena dibangun dari material daur ulang 100 persen dan memberikan suasana lingkungan yang tidak biasa.

Menutupi eksterior, tanaman pada dinding hijau ini melindungi bangunan dari radiasi dan panas matahari. Fitur ini meningkatkan efisiensi energi dengan mengurangi pemakaian mesin pendingin dan menyediakan isolator selama cuaca dingin.

Dinding juga bertindak sebagai penyerap karbon-karbon di sekitarnya. Setiap 215 meter persegi luas dinding, setara dengan 47 pohon berukuran sedang.


Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X