Kompas.com - 22/09/2014, 14:25 WIB
Langkah kedua, cobalah mencari referensi mengenai kontraktor atau tukang bangunan yang bisa Anda percaya. www.shutterstock.comLangkah kedua, cobalah mencari referensi mengenai kontraktor atau tukang bangunan yang bisa Anda percaya.
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Sebelum merenovasi kamar mandi, Anda harus menentukan besaran dana yang harus dikeluarkan, produk mana yang tepat, dan pertimbangan mengganti tata ruangnya.

Untuk memastikan renovasi kamar mandi berjalan mulus, Anda harus ingat bahwa keberhasilan renovasi bergantung pada waktu yang tepat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

6 bulan Sebelumnya

Cari inspirasi. Anda bisa mendapatkan inspirasi renovasi kamar mandi dari foto di majalah atau katalog. Ambil beberapa contoh dan seleksi foto-foto tersebut dengan mencari kemiripan di antara mereka.

Tanyakan rekomendasi kontraktor. Anda bisa juga menanyakan rekomendasi renovasi pada toko perkakas, teman atau asosiasi bisnis profesional.

Mulailah membuat sketsa. Sisihkan waktu untuk memikirkan apa yang Anda butuhkan di kamar mandi. Pikirkan juga kebutuhan penyimpanan, yakni lemari atau kabinet.

Selain itu, Anda juga perlu memikirkan apakah untuk memindahkan toilet, keran atau bathtub. Jika ya, bagaimana dengan saluran airnya? Apakah Anda akan memperluas kamar mandi atau hanya mengubah tata letaknya?

Ingatlah, bahwa benda yang paling mahal untuk dipindahkan dalam kamar mandi adalah toilet. Apalagi jika Anda berencana untuk menambahkan shower.

3 Bulan Sebelumnya

Tentukan dana renovasi. Setelah menemukan jumlah dana yang akan dikeluarkan, Anda harus memperhitungkan 2/3 anggaran tersebut untuk pekerja. Setelah itu Anda bisa lebih jelas dalam menentukan biaya untuk keramik, perlengkapan, dan lain-lain.

Halaman:


Sumber Elle Decor
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.