Kompas.com - 16/09/2014, 08:00 WIB
Polikarbonat akan memberikan keindahan dari segi estetika. Polikarbonat adalah bahan semi-transparan yang akan membuat seluruh tampilan dalam rumah sama baiknya dengan struktur rumah itu sendiri. www.dezeen.comPolikarbonat akan memberikan keindahan dari segi estetika. Polikarbonat adalah bahan semi-transparan yang akan membuat seluruh tampilan dalam rumah sama baiknya dengan struktur rumah itu sendiri.
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Panel polikarbonat transparan muncul sebagai kerangka rumah yang direnovasi di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat. Arsiteknya tidak lain dan tidak bukan adalah Alessandro Armando dan Manfredo di Robilant yang juga memiliki fitur jendela raksasa di atas roda.

Keterlibatan duo arsitek asal Italia itu berkat pasangan profesor sebuah universitas yang ingin meningkatkan tampilan dan efisiensi panas rumah mereka di lingkungan perumahan abad 19 dekat pusat kota.

"Tugas utamanya dalam renovasi ini adalah menciptakan suatu hal baru, 'pakaian kedua' rumah untuk peningkatan signifikan terhadap isolasi termal," ungkap Manfredo di Robilant kepada Dezeen.

www.dezeen.com Salah satu sudut rumah yang menghadap langsung ke jalan sudah dilengkapi dengan jendela tinggi tersembunyi dibalik jendela alumunium. Jendela tersebut menyertakan kisi-kisi yang menghalangi pandangan ke dalam rumah sambil membiarkan cahaya masuk mencapai interior.
Struktur dan proporsi asli bangunan abad 19 itu masih tetap. Tetapi, terpal plastik yang menyelimutinya telah diganti menjadi alumunium dan ditambah dengan genting tanah pada 1970. Proyek ini akhirnya dinamakan Rumah Polikarbonat.

"Dari aspek manfaat, panel polikarbonat dipilih karena mereka cenderung ringan dan ini krusial untuk struktur bangunan tipis, serta merupakan isolator panas yang baik," jelas Manfredo di Robilant.

Di Robilant kemudian menambahkan, polikarbonat akan memberikan keindahan dari segi estetika.

www.dezeen.com Struktur dan proporsi asli bangunan abad 19 itu masih tetap. Tetapi, terpal plastik yang menyelimutinya telah diganti menjadi alumunium dan ditambah dengan genting tanah pada 1970. Proyek ini akhirnya dinamakan Rumah Polikarbonat.
"Polikarbonat adalah bahan semi-transparan, jadi mereka akan membuat seluruh tampilan dalam rumah sama baiknya dengan struktur rumah itu sendiri," tambahnya.

Permukaan polikarbonat menciptakan refleksi dari sudut pandang penglihatan rumah dan juga berubah-berubah sesuai dengan kondisi cahaya. Di balik permukaan tipisnya ada sebuah lapisan tambahan di panel yang berguna ketika muncul kerusakan struktur. Dalam hal ini, udara mampu mengalir melalui jarak antara dua permukaan untuk mengurangi ketergantungan pada pendingin udara ketika musim panas tiba.

www.dezeen.com Sebuah pintu masuk di sisi rumah terbuka ke dalam sebuah atrium besar. Di belakang atrium tersebut ada sebuah mezanin yang memberikan pemandangan melalui atas rumah.
Salah satu sudut rumah yang menghadap langsung ke jalan sudah dilengkapi dengan jendela tinggi tersembunyi dibalik jendela alumunium. Jendela tersebut menyertakan kisi-kisi yang menghalangi pandangan ke dalam rumah sambil membiarkan cahaya masuk mencapai interior.

Sebuah pintu masuk di sisi rumah terbuka ke dalam sebuah atrium besar. Di belakang atrium tersebut ada sebuah mezanin yang memberikan pemandangan melalui atas rumah.

Lantai dasarnya memiliki ruang tamu berisikan kantor dan juga terdapat rak buku besar yang menyatu dengan dinding rumah. Bagian rumah lainnya, yakni tangga, kerangka jendela, dan susur tangga dibuat dari mahogany, sebuah jenis kayu yang memberikan kontras hangat pada industri plastik dan eksterior alumunium.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Dezeen
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.