Kompas.com - 15/09/2014, 13:46 WIB
Secara tampilan, rumah itu memang terinspirasi dari film www.designboom.comSecara tampilan, rumah itu memang terinspirasi dari film "perang bintang" tersebut. Hal itu dapat dilihat dari bentuk rumah, artikulasi fasad, dan ruang-ruang dalam rumah yang menyenangkan.
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Desain sebuah rumah bisa terinspirasi dari mana saja. Bisa melalui impian, kenangan, atau bahkan muncul melalui film.

Di Korea Selatan, sebuah rumah dengan nama "Starwars House" dibangun karena terinspirasi film sci-fi fenomenal, Star Wars. Firma arsitektur Korea Selatan, Moon Hoon, baru saja menyelesaikan rumah tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

www.designboom.com Secara tampilan, rumah itu memang terinspirasi dari film
Secara tampilan, rumah itu memang terinspirasi dari film "perang bintang" tersebut. Hal itu dapat dilihat dari bentuk rumah, artikulasi fasad, dan ruang-ruang dalam rumah yang menyenangkan.

Starwars House memiliki volume tidak teratur dan berada di atas rerumputan besar. Rumah tersebut memiliki jejak bangunan kecil dengan dinding miring di sekitarnya. Dek kayu yang membungkus dua sisi rumah semakin menambah elegan rumah dengan luas 50,67 meter persegi ini.

www.designboom.com Dua lantai pertamanya menggambarkan secara jelas tata letak dan bentuk rumah. Sementara itu, lantai atasnya berisi ruang bermain terbuka bagi anak-anak.
Secara keseluruhan, rumah ini dibangun di atas lahan seluas 451 meter persegi. Bangunan dengan tinggi 10,2 meter ini memiliki tiga lantai di dalamnya.

Dua lantai pertamanya menggambarkan secara jelas tata letak dan bentuk rumah. Sementara itu, lantai atasnya berisi ruang bermain terbuka bagi anak-anak. Jendela berbentuk horizontal berguna untuk membuka sudut timur rumah dan sebuah atrium pusat juga dibangun agar cahaya matahari bisa masuk melalui celah-celah dan mengisi ruang interior.

www.designboom.com Secara keseluruhan, rumah ini dibangun di atas lahan seluas 451 meter persegi. Bangunan dengan tinggi 10,2 meter ini memiliki tiga lantai di dalamnya.
Rumah tersebut dibangun bukan berdasarkan alasan melainkan sang pemilik ingin menggambarkan pergerakan keluarga muda di Korea yang mulai pindah dari apartemen menuju rumah. Selain itu, 'Starwars House' ini benar-benar merealisasikan keinginan pemiliknya dengan menyediakan ruang bermain bagi anak dan juga mewujudkan mimpi masa kecil sang pemilik rumah yang ingin menjadi astronot.

Lantai atas memiliki sebuah pintu geser dan ruangn rahasia. Ruang rahasia ini ditutupi oleh dinding berpola unik yang mampu memberikan pemandangan di luar rumah. Arsitek dari Moon Hoon sendiri menggambarkan ruang di lantai atas sebagai sebuah tempat kendali masa depan untuk Darth Vader atau Jedi. Rumah ini sendiri telah selesai dibangun pada Januari 2013.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.