Kompas.com - 14/09/2014, 10:03 WIB
Gedung khusus ini dirancang untuk mengontrol air sungai. designboomGedung khusus ini dirancang untuk mengontrol air sungai.
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Pintu air di bendungan atau kanal umumnya disertai dengan bangunan pengontrol air. Hanya, desain dan bentuk bangunan tersebut alakadarnya. Namun, bila Anda berkunjung ke perbatasan Belgia dan Belanda, akan menemukan bangunan khusus unik pengontrol air.

Bangunan tersebut diarsiteki Wiel Arets. Dia telah menyelesaikan bangunan besar untuk mengontrol siklus air pada pintu air dan kanal yang terdapat di dekat Sungai Meuse.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sungai unik tersebut masih terhubung dengan Perancis, Luxembourg dan Jerman, dan seperti sungai kebanyakan, digunakan secara terus menerus oleh kapal kargo yang berlayar ke seluruh daerah.

designboom Wiel Arets meninggikan bentuk poligonalnya untuk menguatkan pemandangan dataran sekelilingnya, jika dilihat dari dalam ruangan.
Bangunan yang bentuknya melengkung ini, dibuat berdasarkan kebutuhan untuk penyusunan kembali pusat kontrol yang sebelumnya terpisah menjadi satu pusat kontrol tunggal. Wiel Arets meninggikan bentuk poligonalnya untuk menguatkan pemandangan dataran sekelilingnya, jika dilihat dari dalam ruangan.

designboom Disusun atas dua lantai utama, lantai atas merupakan kantor yang dilapisi oleh pola titik-titik, sementara di bawahnya terdapat kolam reflektif.
Disusun atas dua lantai utama, lantai atas merupakan kantor yang dilapisi oleh pola titik-titik, sementara di bawahnya terdapat kolam reflektif. Dua jalan setapak yang memisahkan kolam, membawa pengunjung menuju ke pintu masuk. Setapak lainnya, dengan tanah yang menurun, merupakan akses ke lantai bawah tanah.

Pada sisi bawah struktur, terdapat kaca silkscreened hitam, yang menguatkan pencahayaan alami yang memancar dari lingkungan berair. Selama musim salju, kolam tersebut berfungsi sebagai arena ice-skating.

designboom Lapisan kaca mengilap dibuat untuk memastikan jumlah cahaya yang terserap ke dalam gedung tercukupi.
Lapisan kaca mengilap dibuat untuk memastikan jumlah cahaya yang terserap ke dalam gedung tercukupi. Area pendukung dan kantor pekerja yang terpisah, tersambung di atrium berkat dua tangga dan elevator. Sebuah teras memanjang pada atap gedung, memberikan pemandangan keseluruhan kanal yang mengalir dan juga pemandangan di sekeliling gedung.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.