Kompas.com - 11/09/2014, 07:00 WIB
|
EditorLatief
JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan bahwa biaya untuk membangun satu blok rumah susun sewa (rusunawa) yang mencakup 6 lantai ialah senilai Rp 20 miliar. Demikian dikatakan Jokowi seusai meresmikan pembangunan Rusunawa Rawa Bebek, Cakung, Jakarta, yang dikembangkan PT Summarecon Agung Tbk, Rabu (10/9/2014).

"Biaya untuk bangun satu blok rusunawa Rp 20 miliar," kata Jokowi.

Namun, lanjut dia, supaya dihuni, rusunawa-rusunawa tersebut harus dikembangkan secara terintegrasi, dapat diakses transportasi publik, serta memiliki ruang komersial dan tersedia fasilitas penunjang lainnya.

"Di Marunda kosong karena enggak ada yang huni. Padahal, saat dibangun, banyak peminatnya. Tapi, karena enggak terintegrasi, jadi kosong," ujarnya.

Rusunawa Rawa Bebek sendiri dikembangkan di atas lahan seluas 17,8 hektar. Di dalamnya mencakup 2.090 unit yang terdiri atas 14 blok masing-masing 6 lantai sebanyak 1.520 unit dan dua blok masing-masing 16 lantai sebanyak 570 unit.

Menurut Kepala Dinas Perumahan dan Gedung Pemprov DKI Jakarta Yonathan Pasudung, sesuai Perda Retribusi Nomor 3 Tahun 2007, tarif rusunawa terprogram sekitar Rp 150.000-Rp 280.000 per bulan. Sementara itu, tarif rusunawa di luar program sekitar Rp 300.000-Rp 380.000 per bulan.

"Sebelum Rusunawa Summarecon sebanyak 4 blok dan terdiri atas 400 unit, sejatinya Kementerian Perumahan Rakyat telah memulai pembangunan sebanyak 6 blok dalam 6 lantai terdiri atas 720 unit yang diperuntukkan bagi para pekerja," tutur Yonathan.

Sementara itu, Dinas Perumahan dan Gedung Pemprov DKI Jakarta mengatakan akan membangun rusunawa 6 lantai sebanyak 4 blok mencakup 400 unit.

"Tahun depan kami rencanakan akan membangun rusunawa 16 lantai sebanyak 570 unit," kata Yonathan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.