Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fasad Kantor dengan Kayu Bergelombang

Kompas.com - 10/09/2014, 20:33 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com - Untuk merenovasi dan melebarkan gedung perusahaan konstruksi timber di Bressanone, Italia, studio Arsitektur Mouds telah membangun gedung menggunakan bahan dasar kayu. Hal paling istimewa dari sistem fasad tersebut adalah potongan lapisan kayu vertikal yang disusun secara berurutan untuk membentuk kondisi visual dinamis dan bergelombang.

Lapisan kayu tersebut menyelimuti bangunan gedung berbentuk kubik. Fungsi kisi-kisi bergelombang itu adalah memberi naungan pada struktur utama, memuat banyak jendela, dan termasuk juga memberi pemandangan berbeda.

www.designboom.com Pada lantai empat, gedung ini menggunakan basis beton dengan 3 lantai beserta basement di bawahnya.
Gedung tersebut terletak pada satu sisi jalan utama sehingga gedung dikelilingi oleh gedung perkantoran lainnya. Studio desain, yang dikepalai oleh arsitek Sandy Attia dan Matteo Scagnol, menerima pesanan ini berdasarkan catatan pemenang kompetisi. Skema ini merefleksikan bagaimana operasi dan identitas perusahaan.

Pada saat sama, skema itu juga memberikan contoh atas banyaknya fungsi penggunaan kayu pada bangunan, baik pada fungsi struktural atau estetika. Lantai dasar dipisahkan dengan dua pintu masuk dan lantai yang tinggi.

Pintu masuk pertamanya menghadap jalan dan mengutamakan bingkai metal mencolok, sementara pintu lainnya yang berjarak dua meter menghubungkan gedung dengan lahan pekerja pada sisi sebaliknya. Pada lantai empat, gedung ini menggunakan basis beton dengan 3 lantai beserta basement di bawahnya.

www.designboom.com Skema itu juga memberikan contoh atas banyaknya fungsi penggunaan kayu pada bangunan, baik pada fungsi struktural atau estetika. Lantai dasar dipisahkan dengan dua pintu masuk dan lantai yang tinggi.
Adapun fasilitas langit-langitnya secara konsisten menggunakan kayu. Sebagai contoh, jalan masuknya menggunakan pola berombak, sementara lobi belakang menggunakan panel lapisan kayu dengan pola gilingan pada permukaanya. Sementara itu, lantai atasnya menggunakan aransemen yang kontras dengan memanfaatkan pembingkaian lantai kayu, termasuk aransemen standar ortogonal dan pola honeycomb.

www.designboom.com Adapun fasilitas langit-langitnya secara konsisten menggunakan kayu. Sebagai contoh, jalan masuknya menggunakan pola berombak, sementara lobi belakang menggunakan panel lapisan kayu dengan pola gilingan pada permukaanya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com