Kompas.com - 10/09/2014, 20:33 WIB
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Untuk merenovasi dan melebarkan gedung perusahaan konstruksi timber di Bressanone, Italia, studio Arsitektur Mouds telah membangun gedung menggunakan bahan dasar kayu. Hal paling istimewa dari sistem fasad tersebut adalah potongan lapisan kayu vertikal yang disusun secara berurutan untuk membentuk kondisi visual dinamis dan bergelombang.

Lapisan kayu tersebut menyelimuti bangunan gedung berbentuk kubik. Fungsi kisi-kisi bergelombang itu adalah memberi naungan pada struktur utama, memuat banyak jendela, dan termasuk juga memberi pemandangan berbeda.

www.designboom.com Pada lantai empat, gedung ini menggunakan basis beton dengan 3 lantai beserta basement di bawahnya.
Gedung tersebut terletak pada satu sisi jalan utama sehingga gedung dikelilingi oleh gedung perkantoran lainnya. Studio desain, yang dikepalai oleh arsitek Sandy Attia dan Matteo Scagnol, menerima pesanan ini berdasarkan catatan pemenang kompetisi. Skema ini merefleksikan bagaimana operasi dan identitas perusahaan.

Pada saat sama, skema itu juga memberikan contoh atas banyaknya fungsi penggunaan kayu pada bangunan, baik pada fungsi struktural atau estetika. Lantai dasar dipisahkan dengan dua pintu masuk dan lantai yang tinggi.

Pintu masuk pertamanya menghadap jalan dan mengutamakan bingkai metal mencolok, sementara pintu lainnya yang berjarak dua meter menghubungkan gedung dengan lahan pekerja pada sisi sebaliknya. Pada lantai empat, gedung ini menggunakan basis beton dengan 3 lantai beserta basement di bawahnya.

www.designboom.com Skema itu juga memberikan contoh atas banyaknya fungsi penggunaan kayu pada bangunan, baik pada fungsi struktural atau estetika. Lantai dasar dipisahkan dengan dua pintu masuk dan lantai yang tinggi.
Adapun fasilitas langit-langitnya secara konsisten menggunakan kayu. Sebagai contoh, jalan masuknya menggunakan pola berombak, sementara lobi belakang menggunakan panel lapisan kayu dengan pola gilingan pada permukaanya. Sementara itu, lantai atasnya menggunakan aransemen yang kontras dengan memanfaatkan pembingkaian lantai kayu, termasuk aransemen standar ortogonal dan pola honeycomb.

www.designboom.com Adapun fasilitas langit-langitnya secara konsisten menggunakan kayu. Sebagai contoh, jalan masuknya menggunakan pola berombak, sementara lobi belakang menggunakan panel lapisan kayu dengan pola gilingan pada permukaanya.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.