Kompas.com - 09/09/2014, 13:04 WIB
|
Editor M Latief

KOMPAS.com - Untuk menghidupkan dan membuat teduh pintu masuk utama ke Portland State University’s Science, Research, and Teaching Center, Faulders Studio telah merancang dan memasang 'Entrium Light Cloud' untuk instalasi permanen. Kanopi itu diatur sebagai bidang melengkung sirip aluminium yang menyaring sinar matahari pada siang hari dengan tetap menjaga area terang dan terbuka di bawahnya.

Komposisi kontur memadukan pengaturan grid dengan titik fokus lingkaran geometri untuk menciptakan pola yang bisa menggugah perasaan seseorang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Arus cuaca vektorial, kontur topografi, osilasi gelombang, dan klaster amorf seluler," jelas arsitek dari California, Thom Faulders.

Pahatan tersebut berusaha untuk melibatkan persepsi mahasiswa, dosen, dan pengunjung umum yang lewat, dan juga menciptakan ruang ambang yang menghubungkan dunia luar dengan aktivitas intelektual di dalam gedung. 'Entrium Light Cloud' sebagai transformator visual berdasarkan kondisi cuaca dan sudut pandang.

Langit mendung, misalnya, menghasilkan cahaya reflektif halus. Sementara itu, saat terkena matahari, karya ini akan membuat pola bayangan tajam pada bidang tanah dan dinding yang berdekatan.

Selain itu, permukaan pahatan itu akan tampak tertutup jika dilihat dari kejauhan. Namun, bila dilihat dari bawah, pahatan tersebut akan tampak terbuka dan memperlihatkan langit.

Untuk mewujudkan proyek ini, lokakarya LIT di Portland melakukan proses fabrikasi. Sirip aluminium laser pertama dipotong, kemudian dibengkokkan untuk mencapai pengaturan yang diinginkan. Jaringan grid tabung kecil melewati setiap kepingan untuk menghubungkan sistem ke struktural bingkai yang lebih besar dan menunjang kabel baja.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.