Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Mempertahankan Populasi, Rumah-rumah Sicilia Ini Dijual Seharga 1 Euro!

Kompas.com - 08/09/2014, 16:41 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Bukan kejadian luar biasa seperti di Detroit, Michigan, Amerika Serikat, yang dinyatakan bangkrut yang memotivasi dewan lokal Italia menjual rumah-rumah di Gangi, Sicilia, hanya seharga 1 Euro atau setara Rp 15.179.

AFP/Getty Images Wali kota Gangi, Giuseppe Ferrarello berpose di gang sempit kota Gangi.
Lebih penting lagi adalah kota kecil sejauh 120 kilometer dari Palermo tersebut harus tetap berpenghuni. Pasalnya, sejumlah penduduk telah lama meninggalkan tempat yang pernah menjadi episentrum sejarah Italia dan menyisakan rumah-rumah kosong.

AFP/Getty Images Para pengunjung berjalan di tempat yang bersejarah dan pernah jadi pusat kebudayaan Italia.
Setelah disetujui semua pemuka pemerintahan, dewan kota termasuk wali kota Giuseppe Ferrarello pun terpaksa menjual beberapa rumah di gang-gang sempit kota pada 14 Agustus 2014 silam.

Rumah-rumah di Gangi berlanggam arsitektural Yunani kuno Engyon atau Hebrita dan sebagian lagi bergaya Romawi kuno. Persentuhan arsitektural di antara ketiganya demikian erat. Hal ini terbukti pada jejak keberadaan kebudayaan Yunani dan Romawi kuno pada artefak-artefak di bawah Biara Gangivecchio.

Pada 1625, wilayah Gangi diakuisisi oleh keluarga Graffeo yang empat tahun kemudian, dibaiat menjadi Princes of Gangi. Seiring berjalannya waktu, Gangi pun terus berkembang dan kemudian mewujud menjadi pusat kebudayaan, dengan beberapa klub sastra dan pembangunan tempat tinggal para tokoh populer pada abad ke-18.

Kemudian, setelah penyatuan Italia, Gangi berubah total. Tidak lagi menjadi pusat kebudayaan, melainkan sarang para penjahat atau mafia Italia. Tahun 1926 adalah masa-masa sulit Gangi karena mengalami perlakuan represif dari para mafioso.

Peperangan antara mafia dan polisi mencapai puncaknya saat perfetto Cesare Mori memegang  tampuk pimpinan kepolisian. Prestasinya adalah menahan 300 anggota mafia Sicilia hanya dalam satu malam!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com