Kompas.com - 05/09/2014, 15:38 WIB
Desain Frank Gehry untuk Pusat Seni Pertunjukan di World Trade Center. www.nytimes.comDesain Frank Gehry untuk Pusat Seni Pertunjukan di World Trade Center.
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Dewan pusat seni pertunjukan untuk Ground Zero telah membatalkan desain Frank Gehry, arsitek proyek itu. Sebagai gantinya, dewan pusat seni akan memilih desain dari tiga finalis.

"Kami sedang dalam proses memilih arsitek baru," kata John E. Zuccotti, pengembang real estate yang merupakan ketua dewan pusat seni dunia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Tiga perusahaan arsitektur sedang dipertimbangkan," tambahnya.

Para pejabat di Pusat Seni Pertunjukan di World Trade Center mengatakan, mereka belum siap untuk mengumumkan nama para finalis. Namun, dia menegaskan bahwa daftar tersebut tidak termasuk Gehry.

Desain Gehry berbentuk kotak-kotak yang saling ditumpuk satu sama lain. Gehry juga menambahkan beberapa pohon. Namun, para pejabat memilih untuk memikirkan kembali proyek tersebut, yakni mengurangi ukuran dari tiga tingkat, salah satunya adalah tingkatan yang sebelumnya telah menjadi ruangan dengan 1.000 kursi. Ruangan itu ditujukan untuk Teater Joyce, sebuah organisasi dansa.

Sementara itu, Gehry, dalam sebuah wawancara, mengatakan bahwa ia tak diberitahu soal keputusan dewan. Dia menganggap, Pusat Seni Pertunjukan di World Trade Center memiliki pandangan baru. Dia merasa, Presiden Pusat Seni yang dilantik sejak 2003, Maggie Boepple, tidak menghargai karyanya.

"Dia tidak mengerti apa yang saya lakukan atau bagaimana saya melakukannya. Tidak apa-apa. Ini kelompok baru. Mereka harus melakukan apa yang mereka inginkan. Saya tidak ingin melakukan hal yang tidak saya inginkan," katanya.

Melalui juru bicara, Boepple menolak untuk menanggapi. Sementara itu, perusahaan pengembang mengatakan, sulit untuk mengeluarkan apa yang telah Gehry bayarkan sejauh ini.
Gehry, bersama konsultannya, diketahui telah menarik dana lebih dari 2 juta dollar AS dari total 4.500.000 dollar AS untuk pekerjaan awal pengembang.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.