Kompas.com - 02/09/2014, 15:44 WIB
Glass House Mountain House www.designboom.comGlass House Mountain House" dibangun dengan tujuan untuk menghubungkan antara pengalaman hidup di gunung dengan lingkungan alam di sekitarnya.
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Rumah dengan banyak jendela kaca memang sedang digemari banyak orang, terlebih jika pemandangan di depan rumah mampu memanjakan mata pemiliknya. Untuk memuaskan hasrat tersebut, maka muncullah "Glass House Mountain House" di Australia.

Terletak di sepanjang sisi tebing menghadap perbukitan lanskap di Maleny, Australia, "Glass House Mountain House" dibangun dengan tujuan untuk menghubungkan antara pengalaman hidup di gunung dengan lingkungan alam di sekitarnya. Bangunan hasil rancangan Bark Design Architects itu meleburkan menjadi satu ruang interior dan eksterior yang terdapat di alam.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

www.designboom.com Rumah kaca ini juga menampilkan pemandangan luas menuju bukit jauh ke selatan yang sama baiknya dengan halaman internalnya. Struktur rumah kaca ini sebagian menduduki sebidang tanah, sementara bagian lainnya berada di luar dan ditinggikan oleh rangka baja ringan.
Rumah kaca ini juga menampilkan pemandangan luas menuju bukit jauh ke selatan yang sama baiknya dengan halaman internalnya. Struktur rumah kaca ini sebagian menduduki sebidang tanah, sementara bagian lainnya berada di luar dan ditinggikan oleh rangka baja ringan.

Sesuai namanya, rumah kaca ini dilengkapi banyak jendela yang berguna sebagai pembuka hubungan dengan dunia luar. Bidang kaca geser dan berputar dapat dibuka dan dijadikan sebagai ventilasi pasif.

Di samping itu, desain rumah kaca ini juga berkaitan dengan bentang alam pegunungan melalui penggunaan batu-batu di kawasan pegunungan. Sebuah monumen batu basal garden wall menjadi pembatas antara halaman rumah yang berisikan kerikil dan pemandangan luas. Selain menggunakan batu dan kaca, rumah ini juga berisikan elemen-elemen pahatan kayu dalam bentuk sekat, dek, dan jalan setapak yang meliputi taman.

www.designboom.com Selain menggunakan batu dan kaca, rumah ini juga berisikan elemen-elemen pahatan kayu dalam bentuk sekat, dek, dan jalan setapak yang meliputi taman.
"Glass House Mountain House" ini terinspirasi dari desain Jepang yang disebut Wabi Sabi. Maka tak heran apabila rumah ini memiliki atap dan pintu geser serta elemen jendela yang cukup banyak.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.