Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tumbuh Pesat, Jumlah Arsitek Perempuan Inggris

Kompas.com - 30/08/2014, 10:57 WIB
Tabita Diela

Penulis


KOMPAS.com - Jumlah perempuan yang memilih menjadi arsitek di Inggris, makin pesat. Menurut Architects Registration Board (ARB) Inggris, hingga kini tercatat 7.538 arsitek perempusn dalam keanggotsannya. Jumlah ini menngkat 74 persen jika dibandingkan dengan satu dekade lalu.

Kendati peningkatan jumlah arsitek perempuan tampak besar, namun perbandingannya dengan keseluruhan anggota ARB masih minim. Perempuan hanya berjumlah 38 persen dari keseluruhan anggota pada 2013.


Fakta, bahwa jumlah perempuan meningkat, secara umum disambut baik oleh publik. Namun, tidak sedikit yang merasa bahwa isu kesetaraan dalam profesi sebagai arsitek masih harus didengungkan.

"Dari 13 persen mencapai 38 persen dalam 100 tahun, asumsikan bahwa perubahan semacam ini secara eksponen dalam 40 tahun bisa mencapai 50:50," ujar Managing Director Marks Barfield Architects, Julia Barfield.

Sementara itu, mantan presiden RIBA Angela Brady memberikan pandangan yang lebih positif. Menurutnya, perempuan kini menghadapi rintangan lebih ringan dalam dunia arsitektur jika dibandingkan dengan 10 tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com