Tumbuh Pesat, Jumlah Arsitek Perempuan Inggris

Kompas.com - 30/08/2014, 10:57 WIB
Hadid secara resmi telah menandatangani perjanjian untuk mendesain gedung parlemen negara itu di Baghdad. http://www.independent.co.ukHadid secara resmi telah menandatangani perjanjian untuk mendesain gedung parlemen negara itu di Baghdad.
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Jumlah perempuan yang memilih menjadi arsitek di Inggris, makin pesat. Menurut Architects Registration Board (ARB) Inggris, hingga kini tercatat 7.538 arsitek perempusn dalam keanggotsannya. Jumlah ini menngkat 74 persen jika dibandingkan dengan satu dekade lalu.

Kendati peningkatan jumlah arsitek perempuan tampak besar, namun perbandingannya dengan keseluruhan anggota ARB masih minim. Perempuan hanya berjumlah 38 persen dari keseluruhan anggota pada 2013.


Fakta, bahwa jumlah perempuan meningkat, secara umum disambut baik oleh publik. Namun, tidak sedikit yang merasa bahwa isu kesetaraan dalam profesi sebagai arsitek masih harus didengungkan.

"Dari 13 persen mencapai 38 persen dalam 100 tahun, asumsikan bahwa perubahan semacam ini secara eksponen dalam 40 tahun bisa mencapai 50:50," ujar Managing Director Marks Barfield Architects, Julia Barfield.

Sementara itu, mantan presiden RIBA Angela Brady memberikan pandangan yang lebih positif. Menurutnya, perempuan kini menghadapi rintangan lebih ringan dalam dunia arsitektur jika dibandingkan dengan 10 tahun lalu.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X