Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Kafe Hijau" Melawan Kota yang Kian Tercemar...

Kompas.com - 29/08/2014, 13:49 WIB
Latief

Penulis

KOMPAS.com — Studio arsitektur dan desain Penda baru saja menyelesaikan interior sebuah kafe di Beijing. Penda mendesain interior kafe tersebut menggunakan batang baja daur ulang.

Sebagai proyek yang dilimpahkan oleh pengembang properti Hongkun, Penda memperkenalkan area hijau di dalam atmosfer yang sangat tercemar di kota itu. Ini dimaksudkan untuk mengajak orang lain berbuat serupa, terutama untuk mendorong kota-kota lainnya di Tiongkok agar menjalankan konsep bangunan hijau.

www.designboom.com Struktur berkisi-kisi memungkinkan berbagai elemen yang berbeda untuk dimasukkan ke dalam kotak-kotak itu, baik itu tanaman, buku, dan atau lampu.
Fitur desain utama dari kafe ini adalah pengulangan batang baja daur ulang yang kemudian dicat hitam dan dibangun atau dibentuk sebagai kotak-kotak. Sistem modular tersebut memungkinkan kafe mudah distrukturkan ulang jika diperlukan. Sementara itu, struktur berkisi-kisi memungkinkan berbagai elemen yang berbeda untuk dimasukkan ke dalam kotak-kotak itu, baik itu tanaman, buku, maupun lampu.

Hasilnya, pengelola banyak memainkan skema pot kayu yang diisi dengan bermacam vegetasi, seperti tanaman laba-laba, pakis, dan ratu marmer. Dari waktu ke waktu, "perkebunan dalam ruang" tersebut tumbuh di seluruh kerangka struktural, membentuk padangan unik baja dan selimut hijau alami dari tanaman si pengelola kafe.

www.designboom.com Pengelola banyak memainkan skema pot kayu yang diisi dengan bermacam vegetasi seperti tanaman laba-laba, pakis dan ratu marmer.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com