Sinema XXI Hadir di Sembilan Kota - Kompas.com

Sinema XXI Hadir di Sembilan Kota

Kompas.com - 20/08/2014, 18:22 WIB
Shutterstock Ilustrasi

CILEUNGSI, KOMPAS.com - Menjamurnya pembangunan pusat belanja bergenre gaya hidup (lifestyle) di daerah sebagai konsekuensi logis pertumbuhan ekonomi dan meningkatnya daya beli, memotivasi penyedia layanan hiburan 21Cineplex melakukan ekspansi bisnis. 

Dalam dua tahun 2014-2015, 21Cineplex akan membuka sepuluh gerai bioskop XXI di sembilan kota dan terbanyak di kota lapis kedua. Kesepuluh gerai tersebut masing-masing lima beroperasi tahun ini yakni Manado, Sulawesi Utara, Yogyakarta, Puri Indah Jakarta Barat, Cinere Depok, dan Samarinda, Kalimantan Timur. 

Di antara kelima gerai tersebut, XXI Big Mall Samarinda merupakan bioskop dengan studio terbanyak yakni tujuh studio reguler dan satu studio premier. 

Sementara lima bioskop XXI lainnya yang akan dibuka tahun 2015 adalah di Manado, Bandar Lampung (Lampung), Palembang (Sumatera Selatan), Singkawang (Kalimantan Barat), dan Lombok (Nusa Tenggara Barat). 

Direktur 21Cineplex, Samuel Budijanto, mengatakan, nilai investasi untuk membuka satu gerai XXI sekitar Rp 30 miliar. Dengan demikian, untuk sepuluh gerai ini, pihaknya harus merogoh kocek sekitar Rp 300 miliar.

"Kami akan terus melakukan ekspansi dengan orientasi kota-kota di daerah. Terutama kota sekunder baik di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, NTB, maupun NTT. Pasalnya, potensi daerah begitu besar dengan daya beli tinggi," kata Samuel kepada Kompas.com, Rabu (20/8/2014).

Kendati potensi daerah bagus, namun untuk membuka studio IMAX dengan kualitas audio dan desain interior di atas kelas premier, tidak sembarangan. Menurut Samuel, setelah studio IMAX Summarecon Serpong dan Summarecon Bekasi, pihaknya hanya akan membuka studio serupa di Surabaya, Jawa Timur. 

"Kota lain di luar Pulau Jawa belum memungkinkan. Jadi kami ekspansi IMAX hanya di Surabaya untuk saat ini," imbuh Samuel.


EditorHilda B Alexander


Close Ads X