Kompas.com - 19/08/2014, 19:38 WIB
Penggunaan lampu berteknologi LED rupanya tidak hanya aman dan hemat energi. Lampu LED membuka berbagai kemungkinan yang semua tampak mustahil. Salah satunya, membuat lapangan basket lebih hidup. NIKEPenggunaan lampu berteknologi LED rupanya tidak hanya aman dan hemat energi. Lampu LED membuka berbagai kemungkinan yang semua tampak mustahil. Salah satunya, membuat lapangan basket lebih hidup.
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Lampu hemat energi menawarkan banyak kelebihan bagi penggunanya. Tidak hanya hemat dan aman, lampu berteknologi LED rupanya juga bisa tampil istimewa. Hal ini dibuktikan oleh perusahaan penyedia perlengkapan olahraga NIKE dan perusahaan kreatif AKQA.

NIKE dan AKQA membuat lapangan basket berukuran penuh yang dilengkapi dengan lampu berteknologi LED. Tidak hanya bercahaya, lampu-lampu LED yang ditanam di lantai tersebut juga menyediakan visualisasi menarik. Visualisasi ini memudahkan pebasket asal Amerika Serikat, Kobe Bryant, mengajarkan basket pada pemain muda di Shanghai.

Lapangan basket, beserta tampilan lampu-lampu LED menarik tersebut berada di House of Mamba. Menariknya, siapa pun yang menginjakkan kaki di permukaan lapangan akan langsung terdeteksi. Lapangan tersebut kemudian mengikuti pergerakan pemain dengan memanfaatkan sensor gerak built-in di dalamnya.

Lapangan tersebut bisa tampak seperti lapangan canggih di film-film futuristik, permainan video game, namun juga bisa tampil sederhana seperti lapangan basket pada umumnya.

Simak kecanggihan lapangan basket tersebut, dan kemungkinan pemanfaatan lampu LED di masa depan berikut ini.

-------------------------------------------------------
CEO and Co-founder AKQA, Ajaz Ahmed akan menjadi pembicara utama pada Asia Pacific Media Forum (APMF) 2014 di Bali, 18-20 September 2014. Info lengkap mengenai APMF dapat dilihat di www.apmf.com.

 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.