Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggun dan Romantis... Melirik Ide Berkebun ala Perancis!

Kompas.com - 14/08/2014, 10:58 WIB
Tabita Diela

Penulis

Sumber Gardenista
KOMPAS.com - Keindahan taman-taman Perancis begitu ikonik dan frasa le jardin a la francaise seolah sudah mengawali citra anggun aneka taman di negara romantis tersebut. Seperti dikutip Gardenista, semua orang tentu sudah melihat taman Versailles. Bila belum mengunjunginya, setidaknya Anda pasti sudah menyaksikan taman ini lewat foto atau film.

Namun, tak semua orang tahu bahwa keindahan taman ala Perancis itu bisa "dibawa pulang". Cara pertama menghadirkan keindahan taman-taman yang ada di Perancis adalah membuat area taman atau area luar ruangan tampak dari dalam rumah Anda.

Di Perancis, kaum bourgeois pada masanya bisa menatap hamparan tumbuhan di taman besarnya. Sementara itu, jika tinggal di apartemen, Anda juga bisa membawa nuansa serupa dengan cara menaruh pot-pot di jendela.

Tentu, lebih bagus lagi jika Anda punya taman. Anda bisa menanam banyak tanaman bunga di taman Anda. Hanya, pastikan taman tersebut tampak dari ruangan favorit Anda di rumah.

www.gardenista.com Orientasikan taman Anda di sekitar arsitektur, bukan di sekitar lanskap. Sebagai contoh, tanamkan tanaman merambat di dinding rumah.
Kedua, orientasikan taman Anda di sekitar arsitektur, bukan di sekitar lanskap. Sebagai contoh, tanamkan tanaman merambat di dinding rumah. Harus Anda pastikan, tanaman itu tidak menutup jendela dan mengganggu pemandangan dari dalam rumah.

Ketiga, cobalah menyukai dan mempraktikkan penataan simetris. Hal ini sudah dipraktikkan di taman-taman Perancis dan hasilnya luar biasa indah. Secara visual, penataan simetris membuat taman tampak menyenangkan.

Anda juga bisa menggunakan pola geometris untuk mengatur taman. Sebagai contoh, potong dan rapikan area terluar rumput di taman Anda hingga membentuk persegi-persegi sempurna. Anda juga bisa membentuknya melengkung, atau bahkan berbentuk segi majemuk. Pastikan Anda membuat taman Anda benar-benar tampak tertata.

Kiranya, itulah kunci keindahan taman Perancis yang tampak anggun. Anda tinggaal menambahkan elemen besi ke dalam taman itu. Anda juga bisa menaruh meja besi, pot besi, atau menggunakan kaleng penyiram tanaman dari besi.

Satu lagi kunci yang bisa Anda "curi" dari taman ala Perancis. Jika ingin membuat taman yang istimewa, cobalah menumbuhkan topiary. Potong tanaman dengan bentuk sesuka Anda.

Terakhir, sediakan air mancur mungil atau kolam mungil. Fitur ini membuat taman Anda seolah memiliki cermin dan memberikan ilusi ruang tak terbatas.

Selamat menikmati keindahan taman Anda!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gardenista
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com