Anggun dan Romantis... Melirik Ide Berkebun ala Perancis!

Kompas.com - 14/08/2014, 10:58 WIB
Taman milik Cécile Daladier di Paris, Prancis. Natalie Weiss untuk GardenistaTaman milik Cécile Daladier di Paris, Prancis.
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Keindahan taman-taman Perancis begitu ikonik dan frasa le jardin a la francaise seolah sudah mengawali citra anggun aneka taman di negara romantis tersebut. Seperti dikutip Gardenista, semua orang tentu sudah melihat taman Versailles. Bila belum mengunjunginya, setidaknya Anda pasti sudah menyaksikan taman ini lewat foto atau film.

Namun, tak semua orang tahu bahwa keindahan taman ala Perancis itu bisa "dibawa pulang". Cara pertama menghadirkan keindahan taman-taman yang ada di Perancis adalah membuat area taman atau area luar ruangan tampak dari dalam rumah Anda.

Di Perancis, kaum bourgeois pada masanya bisa menatap hamparan tumbuhan di taman besarnya. Sementara itu, jika tinggal di apartemen, Anda juga bisa membawa nuansa serupa dengan cara menaruh pot-pot di jendela.

Tentu, lebih bagus lagi jika Anda punya taman. Anda bisa menanam banyak tanaman bunga di taman Anda. Hanya, pastikan taman tersebut tampak dari ruangan favorit Anda di rumah.

www.gardenista.com Orientasikan taman Anda di sekitar arsitektur, bukan di sekitar lanskap. Sebagai contoh, tanamkan tanaman merambat di dinding rumah.
Kedua, orientasikan taman Anda di sekitar arsitektur, bukan di sekitar lanskap. Sebagai contoh, tanamkan tanaman merambat di dinding rumah. Harus Anda pastikan, tanaman itu tidak menutup jendela dan mengganggu pemandangan dari dalam rumah.

Ketiga, cobalah menyukai dan mempraktikkan penataan simetris. Hal ini sudah dipraktikkan di taman-taman Perancis dan hasilnya luar biasa indah. Secara visual, penataan simetris membuat taman tampak menyenangkan.

Anda juga bisa menggunakan pola geometris untuk mengatur taman. Sebagai contoh, potong dan rapikan area terluar rumput di taman Anda hingga membentuk persegi-persegi sempurna. Anda juga bisa membentuknya melengkung, atau bahkan berbentuk segi majemuk. Pastikan Anda membuat taman Anda benar-benar tampak tertata.

Kiranya, itulah kunci keindahan taman Perancis yang tampak anggun. Anda tinggaal menambahkan elemen besi ke dalam taman itu. Anda juga bisa menaruh meja besi, pot besi, atau menggunakan kaleng penyiram tanaman dari besi.

Satu lagi kunci yang bisa Anda "curi" dari taman ala Perancis. Jika ingin membuat taman yang istimewa, cobalah menumbuhkan topiary. Potong tanaman dengan bentuk sesuka Anda.

Terakhir, sediakan air mancur mungil atau kolam mungil. Fitur ini membuat taman Anda seolah memiliki cermin dan memberikan ilusi ruang tak terbatas.

Selamat menikmati keindahan taman Anda!

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Gardenista
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X