Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Genjot Infrastruktur dan Stadion Piala Dunia, Rusia Kucurkan Subsidi Rp 1,7 triliun

Kompas.com - 08/08/2014, 17:34 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

Sumber ibtimes
KOMPAS.com - Pemerintah Rusia berkomitmen memberikan dana subsidi untuk menggenjot pembangunan stadion dan infrastruktur Piala Dunia FIFA 2018 mendatang melalui seperangkat aturan baru.

Perdana Menteri Rusia, Dmitry Medvedev yang menandatangani komitmen tersebut menguraikan pemerintah akan mendukung Rusia sebagai tuan rumah dengan kucuran dana subsidi sebesar 150 juta dollar AS atau setara Rp 1,7 triliun.

Meskipun progres pembangunan beberapa venue sesuai jadwal penyelesaian, namun beberapa lainnya justru masih tanda tanya. Ada beberapa stadion dan infrastruktur yang masih belum dimulai konstruksinya.

Sementara, jumlah dana yang harus dikeluarkan Rusia untuk menjadi tuan rumah turnamen sepakbola sejagat itu sebesar 20 miliar dollar AS (Rp 235,8 triliun). Dana tersebut mencakup pembangunan stadion baru, hotel, fasilitas pelatihan sepakbola, dan juga fasilitas lainnya.

Setengah dari
jumlah dana tersebut berasal dari anggaran pemerintah daerah dan porsi lainnya berasal dari investor swasta.

Rusia sendiri telah menerima tinjauan yang beragam saat menjadi tuan Olimpiade Musim Dingin di Sochi, meskipun telah menghabiskan lebih dari 50 miliar dollar AS (Rp 589 triliun).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ibtimes
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com