Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah World Expo 2020, Dubai Incar Olimpiade 2024

Kompas.com - 08/08/2014, 16:26 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Dubai mengincar posisi sebagai tuan rumah penyelenggaraan pesta olahraga akbar sedunia, Olimpiade 2024 mendatang. Kepercayaan diri kota terbesar kedua Uni Emirat Arab itu semakin tebal saat sukses terpilih menjadi host  World Expo 2020.

"Menjadi tuan rumah olimpiade adalah mimpi. Kami berharap dapat mengajukan penawaran seperti itu dalam delapan tahun ke depan, insha allah," ujar Direktur Dubai Sports Council (DSC),  departemen pengembangan olahraga, Ali Omar.

Sebelum menjadi tuan rumah Olimpiade 2024, Dubai harus sabar menunggu dua kali perhelatan Olimpiade selama delapan tahun. Ini lantaran Olimpiade 2016 akan diadakan di Rio de Janeiro, Brasil, sementara Tokyo, Jepang memenangkan hak untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2020.

Ada pun proses tender untuk Olimpiade 2024 akan dilaksanakan pada tahun 2015 dan International Olympic Committe (IOC) akan mengumumkan kota pemenang, dua tahun setelahnya yakni pada 2017.

Dubai akan bersaing dengan kota-kota lainnya dari Perancis, Jerman, Amerika Serikat, dan Kenya.

Sementara itu, Dewan Eksekutif Senior Komite Olimpiade Nasional Uni Emirat Arab, Shaima Al Zarooni, mengatakan meskipun Dubai kini tengah konsentrasi pada penyelenggaraan Wolrd Expo 2020, namun punya potensi besar untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2024.

"Kami tentu saja siap menyelenggarakannya. jika kami mampu menjadi tuan rumah World Expo 2020, kami pasti siap untuk Olimpiade," ujar Zarooni.

Wacana Dubai menjadi host Olimpiade 2024 mengemuka saat mantan Presiden IOC, Jacques Rogge berkunjung ke Dubai dan bertanya kesediaan kota ini menjadi tuan rumah pesta akbar olahraga.

Selain strategis, fasilitas olahraga di Dubai juga terbilang sangat lengkap. Terlebih komitmen Komite Olimpiade Nasional yang sangat mendukung ambisi kota ini menjadi yang terdepan di bidang olahraga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com