Ini Desain yang Tepat untuk Taman Mungil

Kompas.com - 06/08/2014, 06:34 WIB
Taman porch.comTaman
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Keberadaan taman bukan hanya berfungsi mempercantik tampilan rumah. Taman seharusnya juga menjadi penghilang stress bagi pemiliknya. Hal ini rupanya juga disadari oleh desainer taman, Kate Gould.

Seperti dikutip dalam Theguardian.com, fungsi taman bagi pemilik rumah merupakan hal pertama yang ditanyakan Gould pada kliennya.

Sebagian orang ingin taman mungilnya menjadi tempat bersantai di penghujung hari. Sebagian ingin menggunakan taman mungilnya untuk memasak, atau menyambut tamu. Sebagian lagi ingin tamannya menjadi tempat bermain anak-anak. Menurut Gould, apa pun fungsi taman yang diinginkan oleh kliennya, hal tersebut merupakan titik awal untuk mulai mendesain taman.

Setelah mengetahui fungsi taman, Gould akan menggunakan teknik yang sudah lama dia pelajari. Menurut sang desainer, dia pernah mendapat saran untuk menggunakan keramik berukuran besar di kamar mandi berukuran kecil. Keramik berukuran besar seolah menyatukan dinding dan lantai hingga membuat hasil akhir kamar mandi terasa menyatu dan tidak terkesan sempit. Hal ini bisa diterapkan di dalam taman.

Ukuran menentukan

"Saya pernah diberi tahu bahwa mantra desain untuk kamar mandi berukuran kecil adalah menggunakan keramik berukuran besar untuk menyatukan dinding dan lantai. Hal ini membuat efek akhirnya terasa tidak sempit. Etos yang sama bisa diterapkan di taman berukuran kecil. Pengaturan lahan besar-besar, batasan menyatu, pot, air mancur, dan hiasan taman sebanding dengan furnitur dan ukuran area lantai membuat taman lebih menarik dan terasa lebih luas," ujar Gould.

"Menyembunyikan" taman

Berbeda dari pendapat Gould, rupanya ada pendapat lain yang mengungkapkan bahwa salah satu cara membuat taman terasa lebih luas adalah membuatnya "tersembunyi". Desainer lanskap Louis Raymond mengataka, pemilik rumah bisa "menyembunyikan" tamannya untuk membuat taman seolah lebih luas. Menyembunyikan taman bisa dilakukan dengan menggunakan pagar. Selain itu, tanaman teh-tehan juga bisa Anda gunakan.

Sediakan garis

Di sisi lain, seperti dikutip dalam Dwell, pagar di taman dan jalan setapak vertikal juga bisa menyediakan perspektif dan membuat ruang terasa panjang.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X