Rumah Ideal, Penuh Cerita Bahagia Pemiliknya

Kompas.com - 02/08/2014, 16:48 WIB
Penataan interior rumah mencerminkan kepribadian pemiliknya. www.houzz.comPenataan interior rumah mencerminkan kepribadian pemiliknya.
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Interior tempat tinggal seharusnya menggambarkan kepribadian pemiliknya. Bukan sekadar untuk alasan praktis, hal ini juga penting untuk kehidupan selanjutnya.

Mengutip Huffington Post, desainer Nate Berkus mengatakan bahwa pemilik bisa lebih terinspirasi jika isi rumahnya penuh dengan barang-barang yang membuatnya bahagia. Namun, bagaimana cara mencapai hal ini?

"Ruang penuh dengan barang-barang yang membuat kita bahagia bisa mengingatkan kita pada tempat-tempat yang pernah kita singgahi, orang yang kita cintai, dan bagaimana perjalanan hidup kita. Hal ini juga membantu kita lebih terinspirasi," ujar Berkus.

Berkus menyertakan beberapa cara agar rumah dapat "menceritakan" kisah hidup pemiliknya. Tidak hanya soal identitas saat ini, tapi juga karakter dambaan yang diinginkan pemiliknya.

Perlahan tapi pasti

Cara pertama, pemilik rumah perlu menyingkirkan keinginan untuk melakukan segala hal secara terburu-buru. Misalnya, keinginan untuk membuat seisi rumah langsung tampak cantik. Keinginan semacam ini membuat pemilik rumah biasanya memilih jalan pintas dengan membeli satu set furnitur yang berwarna, berpenampilan, dan berbentuk seragam.

"Interior terbaik, interior yang tampak, berfungsi, dan terasa paling baik, adalah interior yang disatukan dan dikoleksi dari waktu ke waktu," ujar Berkus.

Buah tangan penuh kenangan

Cara kedua adalah mengoleksi. Pemilik rumah bisa mengumpulkan cenderamata dari tiap perjalanan yang dilakukan sekeluarga. Pemilik rumah juga bisa mengumpulkan barang-barang yang menandai hasil jerih payahnya.

Berkus mencontohkan, dia pernah bekerjasama dengan klien yang menyukai perjalanan wisata. Dia sudah pergi berlibur ke banyak tempat bersama kekasihnya. Sang klien mengumpulkan pasir dari setiap pantai yang dia kunjungi bersama pasangannya di dalam kotak film mungil. Berkus memindahkan pasir-pasir ini ke dalam wadah kaca cantik, membubuhkan tanggal perjalanan pada tiap wadah, dan memajangnya di rak buku.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X