Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

APP Akui Tak Punya Bank Tanah

Kompas.com - 24/07/2014, 15:35 WIB
Tabita Diela

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Adhi Persada Properti (APP) rupanya memiliki strategi berbeda soal ketersediaan lahan bagi pengembangan yang dilakukan perusahaannya. Direktur Pengembangan dan Penjualan APP, R. Pulung Prahasto, mengungkapkan, perusahaannya memang tidak memiliki banyak persediaan tanah. Namun, lewat kerjasama dengan pemilik lahan, APP bisa mengembangkan proyek-proyek baru.

"Kita tidak banyak punya landbank tapi kita banyak kerjasama dengan pemilik lahan. Kita beli dengan cara installment, tapi bisa langsung kita kembangkan. Pola kerjasama kita dengan landlord ini dengan sistem pembayaran agak mundur. Mereka percaya karena (perusahaan kami) anak perusahaan BUMN," ujar Pulung di Jakarta, Rabu (23/7/2014).

Pulung menambahkan, perusahaannya memang tidak bisa dengan mudah bersaing dengan perusahaan swasta yang memiliki bank tanah seluas ratusan hektar. Langkah ini secara efektif bisa membuatnya bersaing.

Dia menuturkan, perusahaannya kini tengah beralih dari pengembangan di pusat kota ke luar Jakarta. Hal tersebut juga didorong oleh semakin terbatasnya lahan. Khusus untuk pengembangan proyek ritel, Jakarta pun tidak serta-merta memberikan izin pembangunan.

"Kita lari ke pinggiran Jakarta karena sudah sulit mencari lahan di Jakarta, begitu juga perizinan," ujar Pulung.

Selain itu, Pulung juga mengungkapkan bahwa peta pengembangan di dalam kota Jakarta pun sudah jenuh. Sebagai contoh, pengembangan residensial umumnya ada di Jakarta Selatan,  Barat, dan Utara. Karena itu, perusahaannya mulai mengambil peluang di Jakarta Timur.

Sebelumnya, Pulung pernah menyatakan bahwa perusahaannya terbuka terhadap berbagai macam opsi kerjasama. Secara khusus, kerjasama yang dimaksud Pulung adalah kerjasama dengan sesama BUMN. Beberapa kerjasama yang sudah berjalan, antara lain Grand Dhika Injoyo, Surabaya, seluas enam hektar, Grand Dhika Daan Mogot, Jakarta, seluas sembilan hektar, Grand Dhika City Juanda, Surabaya, seluas 5.500m2.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com