Kompas.com - 24/07/2014, 15:35 WIB
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief
JAKARTA, KOMPAS.com - Adhi Persada Properti (APP) rupanya memiliki strategi berbeda soal ketersediaan lahan bagi pengembangan yang dilakukan perusahaannya. Direktur Pengembangan dan Penjualan APP, R. Pulung Prahasto, mengungkapkan, perusahaannya memang tidak memiliki banyak persediaan tanah. Namun, lewat kerjasama dengan pemilik lahan, APP bisa mengembangkan proyek-proyek baru.

"Kita tidak banyak punya landbank tapi kita banyak kerjasama dengan pemilik lahan. Kita beli dengan cara installment, tapi bisa langsung kita kembangkan. Pola kerjasama kita dengan landlord ini dengan sistem pembayaran agak mundur. Mereka percaya karena (perusahaan kami) anak perusahaan BUMN," ujar Pulung di Jakarta, Rabu (23/7/2014).

Pulung menambahkan, perusahaannya memang tidak bisa dengan mudah bersaing dengan perusahaan swasta yang memiliki bank tanah seluas ratusan hektar. Langkah ini secara efektif bisa membuatnya bersaing.

Dia menuturkan, perusahaannya kini tengah beralih dari pengembangan di pusat kota ke luar Jakarta. Hal tersebut juga didorong oleh semakin terbatasnya lahan. Khusus untuk pengembangan proyek ritel, Jakarta pun tidak serta-merta memberikan izin pembangunan.

"Kita lari ke pinggiran Jakarta karena sudah sulit mencari lahan di Jakarta, begitu juga perizinan," ujar Pulung.

Selain itu, Pulung juga mengungkapkan bahwa peta pengembangan di dalam kota Jakarta pun sudah jenuh. Sebagai contoh, pengembangan residensial umumnya ada di Jakarta Selatan,  Barat, dan Utara. Karena itu, perusahaannya mulai mengambil peluang di Jakarta Timur.

Sebelumnya, Pulung pernah menyatakan bahwa perusahaannya terbuka terhadap berbagai macam opsi kerjasama. Secara khusus, kerjasama yang dimaksud Pulung adalah kerjasama dengan sesama BUMN. Beberapa kerjasama yang sudah berjalan, antara lain Grand Dhika Injoyo, Surabaya, seluas enam hektar, Grand Dhika Daan Mogot, Jakarta, seluas sembilan hektar, Grand Dhika City Juanda, Surabaya, seluas 5.500m2.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.