Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tarif Hotel Jakarta Tumbuh 13,9 Persen

Kompas.com - 23/07/2014, 16:35 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kinerja sektor perhotelan di Jakarta, terus menunjukkan pertumbuhan. Hal ini terindikasi dari peningkatan tarif rerata harian kamar (average daily rate/ADR) sebesar 13,9 persen menjadi Rp 1.192.753.

Menurut STR Global, Jakarta merupakan pasar utama di kawasan Asia Pasifik yang memperlihatkan kinerja positif dalam tiga metriks yang disurvei selama enam bulan, sejak Januari hingga Juni 2014.

"Asia Pasifik merupakan kawasan yang memperlihatkan hasil dan kinerja perhotelan sangat beragam yang dipengaruhi oleh situasi politik dan perspektif ekonomi. Namun demikian, dalam tiga metriks penilaian, yakni tingkat hunian, tarif kamar rerata dan pendapatan per kamar yang tersedia, Asia Pasifik tumbuh positif," ujar Managing Director STR Global, Elizabeth Winkle.

Kendati secara umum, tingkat hunian Asia Pasifik tumbuh 1,3 persen, namun khusus kawasan Asia Tenggara justru mengalami penurunan 4,7 persen menjadi 66,4 persen. Penurunan tersebut disebabkan kondisi perhotelan Thailand.

"Sebaliknya jika dilihat dari segi ADR, Asia Tenggara mencatat lonjakan 6,5 persen menjadi 112,4 dollar AS atau Rp 1,2 juta," ujar Winkle.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com