Nyaman dan Istimewa, Berlebaran di Ruang Tamu Mungil!

Kompas.com - 22/07/2014, 12:20 WIB
Meski ruang tamu Anda berukuran kecil, Anda tentu masih membutuhkan ruang penyimpanan. Gunakan ruang-ruang tersembunyi untuk meminimalisir barang menumpuk.
www.houzz.comMeski ruang tamu Anda berukuran kecil, Anda tentu masih membutuhkan ruang penyimpanan. Gunakan ruang-ruang tersembunyi untuk meminimalisir barang menumpuk.
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Di tengah kecenderungan hunian masa kini yang berukuran semakin mungil, bertamu bisa menjadi masalah tersendiri. Padahal, perayaan Idul FItri di Indonesia sungguh istimewa. Sanak saudara yang tinggal jauh pun rela bertandang untuk saling bersilaturahim.

Beruntung, kontributor Houzz, Laura Gaskill menemukan cara untuk membuat ruang tamu berukuran sempit menjadi istimewa dan nyaman. Simak caranya berikut ini:

Pertama, gunakan cermin dan kertas dinding (wallpaper) untuk mengisi ruang tamu Anda. Ruang tamu berukuran kecil, terutama ruang tamu tanpa jendela, bisa terasa sangat sempit. Menciptakan titik fokal dengan cermin bisa meningkatkan cahaya dan memberikan ilusi ruang berukuran lebih besar.

Cobalah menempatkan sofa untuk dua orang (love seat) di depan permukaan yang sudah dilapisi kertas dinding. Letakkan meja kecil di kedua sisi sofa dan letakkan lampu meja di kedua permukaannya. Pastikan Anda membuat penataan simetris. Jika masih ada ruang, gunakan ottoman sebagai meja kopi, kemudian tambahkan satu atau dua kursi berukuran kecil.

www.houzz.com Kelima, tambahkan tanaman hijau. Tanaman dalam pot membuat interior terasa lebih dalam dan menghaluskan pojok-pojok rumah.
Kedua, meski ruang tamu Anda berukuran kecil, Anda tentu masih membutuhkan ruang penyimpanan. Gunakan ruang-ruang tersembunyi untuk meminimalisir barang menumpuk.

Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan meja kopi dari peti antik atau menambahkan kredensa yang bisa menyimpan jauh lebih banyak barang ketimbang meja konsol.

Ketiga, gunakan furnitur berukuran kecil. Tidak perlu benar-benar mungil hingga membuat interior rumah Anda tampak janggal. Pastikan saja Anda menggunakan furnitur dengan ukuran yang pas di ruangan Anda.

Bentuknya pun perlu Anda perhatikan. Bentuk sofa yang bisa Anda gunakan tidak perlu tebal seperti sofa pada umumnya. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan kursi yang menyatu dengan bagian bawah jendela, daybed, atau armchair. Coba juga sofa tanpa sandaran.

www.houzz.com Meski ruang tamu Anda berukuran kecil, Anda tentu masih membutuhkan ruang penyimpanan. Gunakan ruang-ruang tersembunyi untuk meminimalisir barang menumpuk.
Keempat, cobalah menggunakan furnitur tembus pandang. Meja dan kursi akrilik tembus pandang membuat interior ruangan seolah kosong. Tambahkan selimut atau bantal untuk membuat interior tampak hangat.

Kelima, tambahkan tanaman hijau. Tanaman dalam pot membuat interior terasa lebih dalam dan menghaluskan pojok-pojok rumah.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Houzz.com
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X