Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Insinyur di Balik Infrastruktur dan Stadion Piala Dunia Brasil Ini Telah Berpulang...

Kompas.com - 21/07/2014, 07:27 WIB

RIO DE JANEIRO, KOMPAS.com - Norberto Odebrecht, pendiri perusahaan konstruksi Brasil dan "otak" di balik proyek-proyek infrastruktur besar termasuk beberapa stadion yang dipakai untuk Piala Dunia 2014, dimakamkan pada Minggu (20/7/2014).

Odebrecht, meninggal dalam usia 93 tahun karena gagal jantung, Sabtu (19/7/2014). Insinyur dan pengusaha ini dimakamkan di sebelah utara kota Salvador.

Perusahaan yang memakai nama keluarganya, didirikan Odebrecht pada 1944. Dia juga adalah orang di balik beragam proyek besar, teramsuk pembangunan bendungan dan jalan raya di kawasan hutan Amazon.

Odebrecht lahir di Recife di pantai timur laut Brasil. Dia pindah bersama orangtuanya ke Salvador saat masih berusia kanak-kanak, dan masih tinggal di sana saat memulai perusahaannya yang kemudian berkembang menjadi konglomerasi raksasa.

Perusahaan Odebrecht saat ini mempekerjakan sekitar 170.000 orang untuk proyek yang masih dikerjakan di 23 negara. Empat stadion untuk penyelenggaraan Piala Dunia 2014 juga digarap perusahaannya yang bergabung dalam sebuah konsorsium.

Proyek Piala Dunia yang digarap konsorsium perusahaan Odebrecht termasuk Stadium Maracana di Rio de Janeiro dan Corintihias di Sao Paulo. Forbes memperkirakan Odebrecht adalah orang terkaya nomor sembilan di Brasil. CEO Perusahaan ini diambil alih cucu Odebrecht, Marcelo Odebrecht, pada 2008.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com