Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanaman dan Kolam, Kombinasi Efektif Meredam Bising!

Kompas.com - 19/07/2014, 13:04 WIB
KOMPAS.com - Pada umumnya, kolam ikan, kolam air terjun, dan taman-taman kecil hanya untuk memperindah suatu bangunan. Namun, ketiga hal tersebut dapat membuat rumah sejuk, bahkan dengan penataan yang tepat akan tercipta sebuah inspirasi tanaman dan kolam peredam suara. Selain untuk terapi mata, suara gemericik kolam ikan membuat kita nyaman dan membuat suasana rumah menjadi lebih adem.

Peletakan kolam boleh di depan teras atau mengelilingi teras. Hal ini dapat membuat udara di teras menjadi sejuk karena air dalam kolam bersirkulasi dan menggantikan panas udara.

Jangan lupa lengkapi kolam dengan pompa dan filter agar air tetap bersih. Bisa juga tambahkan dengan tanaman. Tanaman juga mampu menjaga kebersihan dan kejernihan air.

www.houzz.com Masih terkait tanaman dan kolam peredam suara, bagi Anda yang punya lahan berlebih bisa juga menanaminya dengan tumbuhan. Namun, bagi yang tidak punya, pemakaian pot bisa jadi andalan.
Namun, jika tak menginginkan kolam ikan, Anda bisa membuat kolam air terjun. Suara air yang mengalir mampu meredam kebisingan dan selain itu view yang dihadirkan akan mempercantik halaman belakang rumah Anda.

Ingin pemandangan yang alami? Pilihlah kolam air terjun yang terbuat dari bebatuan yang ditumpuk. Namun, jika ingin menghadirkan suasana modern, silakan pilih kolam yang airnya dapat dialirkan lewat bidang kaca, batu candi, atau bambu. Agar tetap bersih dan terawat, bersihkan secara berkala.

Masih terkait tanaman dan kolam peredam suara, bagi Anda yang punya lahan berlebih bisa juga menanaminya dengan tumbuhan. Namun, bagi yang tidak punya, pemakaian pot bisa jadi andalan.

www.houzz.com Namun, jika tak menginginkan kolam ikan, Anda bisa membuat kolam air terjun. Suara air yang mengalir mampu meredam kebisingan dan selain itu view yang dihadirkan akan mempercantik halaman belakang rumah Anda.
Penggunaan pot juga bisa berfungsi sebagai pagar rumah. Tanamlah tanaman berdaun kecil namun rapat atau pilih tanaman bunga agar halaman Anda tambah cantik. Kesejukan dan ketenangan akan hadir di rumah Anda.

(Primaningtyas KC, Yusuf Fatchurrochman, Sabrina Alisa)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber IDEA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com