Kompas.com - 17/07/2014, 07:56 WIB
Instalasi istimewa untuk flagship store Melissa, merk sepatu asal Brazil, di New York, Amerika Serikat. DezeenInstalasi istimewa untuk flagship store Melissa, merk sepatu asal Brazil, di New York, Amerika Serikat.
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Dua puluh ribu bunga tembus pandang "beterbangan" di dalam butik sepatu Melissa di New York, Amerika Serikat. Bunga-bunga tersebut merupakan instalasi istimewa yang dibuat oleh desain studio asal Amerika Serikat, SOFTlab.

SOFTlab secara khusus diundang oleh Melissa, pemilik merek sepatu "jelly" asal Brasil, untuk mendesain flagship store-nya. SOFTlab diminta membuat instalasi yang merepresentasikan desain dan kampanye marketing Melissa tahun ini bertajuk "We area Flowers".

Respon SOFTlab sebenarnya sederhana, namun dengan cermat berhasil memenuhi permintaan tersebut. Studio desain ini membuat struktur fleksibel yang ditempeli bunga-bunga plastik tembus pandang beraneka warna. Bunga-bunga tembus pandang ini kemudian "ditembak" dengan lampu hingga membuat interior butik jauh lebih menarik.

Sementara itu, bentuk bunga pilihan SOFTlab pun persis dengan bentuk bunga yang digunakan Melissa untuk koleksi terbarunya. Hal ini membuat desain SOFTlab tidak hanya menarik, namun sangat relevan dengan merek yang dipasarkan.

"Satu-satunya kriteria adalah menggunakan bentuk bunga dari kampanye dan harus penuh warna, tentu saja luar biasa. Mereka juga meminta kami melakukan sesuatu yang memenuhi seluruh toko," ujar pendiri SOFTlab, Michael Szivos.

Mula-mula, tim yang mendesain instalasi ini menggunakan program komputer Rhino. Berdasarkan hasil gambar dari program tersebut, tim bisa menggunakan pemotong laser untuk memotong-motong plastik mylar sesuai kebutuhan. Setelah itu, tim terlibat memasang bunga-bunga tembus pandang satu per satu pada "jaring" besar.

"Kami harus melakukan berbagai tes material dan prototipe, membuat geometri melalui alat penemu bentuk, menciptakan alat yang bisa membuat kami mengotomatisasi semua hasil gambar ke pemotong laser, desain detik untuk penggantungan dan kemudian memotong semuanya dengan laser. Sangat menyenangkan, namun memiliki banyak bagian yang harus disatukan pada akhirnya," imbuh Szivos.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Begitu menariknya desain ini, Szivos pun mengungkapkan bahwa tidak sedikit pejalan kaki yang singgah ke butik karena keingintahuan mereka pada instalasi buatan SOFTlab. Menurut hemat Szivos, instalasi mampu memberikan nuansa yang sama sekali berbeda pada interior butik.

Bagi Anda yang masih penasaran dengan proses pembuatan instalasi tersebut, berikut ini proses pembuatan instalasi ribuan bunga di dalam butik Melissa, New York.





Sumber Dezeen
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X