Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Bertingkat untuk Generasi Berbeda

Kompas.com - 16/07/2014, 15:57 WIB
Latief

Penulis

Sumber Dezeen
KOMPAS.com - Tiga volume yang membentuk rumah ini tampak dibuat menurun seperti satu set anak tangga besar. Didesain oleh studio arsitek Keitaro Muto, "Rumah Sunomata" ini dirancang untuk untuk keluarga yang tinggal di kota kecil Ogaki, Jepang.

Awalnya, si pemilik rumah meminta tempat tinggal dengan beberapa ruangan terpisah untuk mengakomodasi kebutuhan generasi yang berbeda. Namun, para arsitek malah memilih untuk membuat sebuah properti tunggal dengan bentuk yang tampak terpisah. Mereka menciptakan beberapa ruang yang bisa dibagi oleh semua anggota keluarga dengan halaman komunal yang menghadap ke selatan.

www.dezeen.com Si pemilik rumah meminta tempat tinggal dengan beberapa ruangan terpisah untuk mengakomodasi kebutuhan generasi yang berbeda. Namun, para arsitek malah memilih untuk membuat sebuah properti tunggal dengan bentuk yang tampak terpisah.
Dengan bentuk tangga, para arsitek Keitaro Muto tak sulit mencari pembatas ruang. Bangunan yang lebih rendah dibuat menghadap ke barat, dan memainkan peran penting dalam mengatur ruangan-ruangan lain di dalamnya.

Bangunan itu menempati sekitar dua pertiga lahan yang ada. Ruangan tersebut dapat dibagi menjadi tiga kamar dengan salah satunya memiliki atap balkon. Ketiganya menawarkan pandangan keluar ke arah taman. Di taman ini penuh batu besar dan batu-batu kecil yang tak sengaja membentuk area tempat duduk informal yang cantik.

www.dezeen.com Adapun lantai dua ditempati oleh generasi yang muda dengan tiga kamar tidur di lantai atasnya. Tangga yang menghubungkan dua lantai itu dibuat memanjang di sepanjang tepi dapur.
Sementara itu, sebuah area parkir dibuat terlindung dari pintu masuk gedung. Sebuah jalan membentang di sepanjang sisinya untuk membuat rute ke pintu depan yang dapat diakses bagi pengguna kursi roda. 

Adapun lantai dua ditempati oleh generasi yang muda dengan tiga kamar tidur di lantai atasnya. Tangga yang menghubungkan dua lantai itu dibuat memanjang di sepanjang tepi dapur. Ruang tengahnya diisi ruang belajar lengkap dengan lemarinya. Sementara itu, sebuah ruangan bergaya Jepang tradisional terselip di salah satu sudutnya.

www.dezeen.com Ketiganya menawarkan pandangan keluar ke arah taman. Di taman ini penuh batu besar dan batu-batu kecil yang tak sengaja membentuk area tempat duduk informal yang cantik.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dezeen
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com