Nih... Aplikasi Gratis untuk Mengatur Ruangan dan Posisi Furnitur!

Kompas.com - 15/07/2014, 14:55 WIB
Ruang hasil gubahan Bibi Monnahan ini tampak glamor. Untuk menyeimbangkan aksen berwarna merah muda mencolok dan kursi bercorak zebra, Monnahan menggunakan meja kopi tembus pandang. Pemilihan ukuran meja kopi ternyata juga menjadi kunci agar interior tidak tampak penuh. Claiborne Swanson Frank / Vogue Ruang hasil gubahan Bibi Monnahan ini tampak glamor. Untuk menyeimbangkan aksen berwarna merah muda mencolok dan kursi bercorak zebra, Monnahan menggunakan meja kopi tembus pandang. Pemilihan ukuran meja kopi ternyata juga menjadi kunci agar interior tidak tampak penuh.
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief

KOMPAS.com - Desain interior di dalam rumah bisa tampak menyatu dengan sempurna apabila pengaturan posisi barang-barangnya pun tepat. Sayangnya, bagi sebagian orang, mengatur tata letak furnitur bukan hal mudah.

Anda merasakan hal yang sama? Tak ada salahnya menyimak cara mudah dari kontributor blog Huffington Post, Alessandra Wood, berikut ini. Wood memberikan tiga cara yang akan memudahkan Anda mencapai pengaturan efektif di dalam rumah.

Homestyler.com Salah satu contoh pengaturan tata letak rumah dalam situs Homestyler.com. Tidak hanya satu ruangan, situs ini juga bisa digunakan untuk membuat denah seluruh rumah.

Pertama, Anda bisa memanfaatkan piranti lunak (software) atau aplikasi untuk mengatur posisi furnitur di dalam rumah Anda. Aplikasi semacam ini membuat Anda tidak perlu mengangkat furnitur sampai mencapai posisi yang tepat. Bagi pemilik rumah baru, aplikasi semacam ini pun bisa membantu Anda memilih jenis furnitur yang sesuai keinginan dan kebutuhan sebelum mengeluarkan banyak uang untuk membeli sofa, kursi, meja, atau furnitur lain.

Anda bisa menggunakan aplikasi Homestyler yang tersedia untuk alat-alat elektronik berbasis Android dan iOS. Dengan aplikasi ini, Anda tidak perlu menggambar denah ruangan Anda dan furnitur secara manual. Aplikasi ini juga bisa diunduh secara gratis.

Dalam penggunaan aplikasi tersebut, Wood mengingatkan Anda untuk tidak terpaku pada pemilihan warna atau jenis furnitur. Hal terpenting yang harus Anda pertimbangkan adalah bentuk, ukuran, dan posisi furnitur tersebut di dalam ruangan.

Kedua, mulailah mengaplikasikan hasil desain tata letak rumah Anda dalam aplikasi atau dalam gambar ke ruangan yang sebenarnya. Gunakan lakban atau painter's tape (sejenis lakban yang tidak meninggalkan bekas, biasa digunakan oleh tukang cat) untuk menandakan letak furnitur di ruangan tersebut.

Rekatkan lakban di lantai sesuai dengan ukuran furnitur. Kemudian, berjalanlah di antara "furnitur" tersebut. Jika Anda merasa terlalu sempit, Anda perlu mengatur kembali tata letak di dalam rumah. Jika Anda merasa cukup, Anda bisa segera menata interior atau membeli furnitur yang Anda inginkan.

Terakhir, lakukan pengecekan ulang. Meski pengaturan secara digital sudah baik, belum tentu pengaturan interior yang asli benar-benar terasa nyaman. Setelah Anda menempatkan furnitur-furnitur ini, coba nikmati ruangan tersebut dan lakukan evaluasi singkat.

Duduklah di tiap kursi yang ada di dalam ruangan. Kemudian, tinggalkan ruangan beberapa saat, dan kembali ke dalam ruangan. Jika masih merasa janggal, catat kejanggalan, ambil fotonya, tata kembali, dan bandingkan dengan pengaturan sebelumnya yang sempat Anda foto.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X