Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Gaya Hidup, Apartemen Makin Digandrungi di Makassar

Kompas.com - 11/07/2014, 13:27 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Produk properti apartemen mulai menjadi pilihan investasi warga Makassar dan sekitarnya. Apartemen dianggap sebagai produk properti gaya hidup yang menawarkan kepraktisan, efisiensi dan juga status sosial.

Hal tersebut diungkapkan Deputy Project Manager Ciputra Group, pengembang Vidaview Apartments, Kris Suyanto, kepada Kompas.com, Kamis (10/7/2014). Menurut Kris, meskipun kebutuhan akan apartemen di Makassar belum setinggi di kota-kota lainnya di wilayah Jadebotabek, namun pasarnya sudah mulai terbentuk.

Terbukti, lanjut dia, menara pertama apartemen Vidaview terserap 95 persen dari 670 unit dan menara kedua 50 persen dari 660 unit. Adapun menara ketiga belum akan dilansir. Pihaknya masih mempertimbangkan rencana perbedaan konsep dari dua menara pertama.

"Menara ketiga bisa jadi lebih eksklusif dengan harga lebih tinggi dari sebelumnya. Kami akan keep dulu, karena harga terus bergerak naik," tandas Kris.

Kali pertama dilansir pada 2012, Vidaview ditawarkan seharga Rp 12.5 juta per meter persegi atau Rp 278 juta untuk unit terkecil, yakni tipe 21 meter persegi. Saat ini harganya sudah menembus angka Rp 15 juta per meter persegi atau Rp 360 juta per unit untuk tipe yang sama.

"Para pembeli seimbang antara investor dan pengguna akhir dengan komposisi 50:50. Mereka berasal dari Makassar sendiri, Jakarta, Surabaya, Balikpapan, Samarinda, bahkan Medan. Apartemen sekarang sudah menjadi properti gaya hidup yang dilirik warga Makassar sekaligus merepresentasikan gengsi. Jadi, wajar kalau yang beli apartemen telah memiliki hunian sebelumnya," tandas Kris.

Saat ini, menyusul ekspansi Ciputra Group di Makassar adalah Lippo Karawaci. Lippo membesut proyek apartemen dalam proyek multifungsi St Moritz Makassar. Tak tanggung-tanggung, Lippo membenamkan Rp 3.5 triliun untum membangun St Moritz Makassar. Sementara itu, Ciputra menginvestasikan Rp 750 miliar untuk membangun Vidaview. Sebelumnya juga sudah ada Royal Apartments yang dikembangkan pengembang lokal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com