Kompas.com - 11/07/2014, 13:27 WIB
Ilustrasi. www.shutterstock.comIlustrasi.
|
EditorLatief
MAKASSAR, KOMPAS.com - Produk properti apartemen mulai menjadi pilihan investasi warga Makassar dan sekitarnya. Apartemen dianggap sebagai produk properti gaya hidup yang menawarkan kepraktisan, efisiensi dan juga status sosial.

Hal tersebut diungkapkan Deputy Project Manager Ciputra Group, pengembang Vidaview Apartments, Kris Suyanto, kepada Kompas.com, Kamis (10/7/2014). Menurut Kris, meskipun kebutuhan akan apartemen di Makassar belum setinggi di kota-kota lainnya di wilayah Jadebotabek, namun pasarnya sudah mulai terbentuk.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terbukti, lanjut dia, menara pertama apartemen Vidaview terserap 95 persen dari 670 unit dan menara kedua 50 persen dari 660 unit. Adapun menara ketiga belum akan dilansir. Pihaknya masih mempertimbangkan rencana perbedaan konsep dari dua menara pertama.

"Menara ketiga bisa jadi lebih eksklusif dengan harga lebih tinggi dari sebelumnya. Kami akan keep dulu, karena harga terus bergerak naik," tandas Kris.

Kali pertama dilansir pada 2012, Vidaview ditawarkan seharga Rp 12.5 juta per meter persegi atau Rp 278 juta untuk unit terkecil, yakni tipe 21 meter persegi. Saat ini harganya sudah menembus angka Rp 15 juta per meter persegi atau Rp 360 juta per unit untuk tipe yang sama.

"Para pembeli seimbang antara investor dan pengguna akhir dengan komposisi 50:50. Mereka berasal dari Makassar sendiri, Jakarta, Surabaya, Balikpapan, Samarinda, bahkan Medan. Apartemen sekarang sudah menjadi properti gaya hidup yang dilirik warga Makassar sekaligus merepresentasikan gengsi. Jadi, wajar kalau yang beli apartemen telah memiliki hunian sebelumnya," tandas Kris.

Saat ini, menyusul ekspansi Ciputra Group di Makassar adalah Lippo Karawaci. Lippo membesut proyek apartemen dalam proyek multifungsi St Moritz Makassar. Tak tanggung-tanggung, Lippo membenamkan Rp 3.5 triliun untum membangun St Moritz Makassar. Sementara itu, Ciputra menginvestasikan Rp 750 miliar untuk membangun Vidaview. Sebelumnya juga sudah ada Royal Apartments yang dikembangkan pengembang lokal.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.