Rumah "Split Level", Trik Cerdas Mengakali Lahan Miring

Kompas.com - 10/07/2014, 17:44 WIB
Untuk meminimalkan jejak bangunan dan menyediakan keragaman ruang internal yang diminta oleh klien, arsitek mengatur ruangan atau kamar berdasarkan kemiringan alami dari tanah tempat bangunan itu berpijak. www.dezeen.comUntuk meminimalkan jejak bangunan dan menyediakan keragaman ruang internal yang diminta oleh klien, arsitek mengatur ruangan atau kamar berdasarkan kemiringan alami dari tanah tempat bangunan itu berpijak.
Penulis Latief
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Rumah beton di Swiss Maret District ini dirancang oleh Studio Zurich Kit dengan bentuk split level. Ruang tamunya menggantung di atas area makan eksternal. Unik dan cantik!

Dikenal dengan nama Rumah di Distrik Maret, properti ini dirancang oleh Kit untuk keluarga yang ingin rumahnya memiliki banyak ruang, termasuk garasi untuk empat mobil, di lingkungan di lingkungan padat penduduk. Untuk meminimalkan jejak bangunan dan menyediakan keragaman ruang internal yang diminta oleh klien, arsitek mengatur ruangan atau kamar berdasarkan kemiringan alami dari tanah tempat bangunan itu berpijak.

"Bangunan ini dirancang sebagai split level untuk membuat sambungan ke taman di sekitarnya," jelas seorang arsitek dari Studio Zurich Kit.

"Hal ini memungkinkan adanya urutan ruang sesuai derajat kemiringan serta kualitas cahaya yang masuk ke dalamnya," tambahnya.

Di atas garasi di lantai dasar dan basement yang "terendam" di bawah bagian taman yang miring, ruang tamu di dalamnya memiliki kualitas pencahayaan berbeda, privasi serta pandangan (view) yang berbeda.

Pintu masuknya tampak di samping garasi dan di bawah ruang tamu kantilever. Hal tersebut menyebabkan posisi tangga naik diarahkan melalui pusat rumah, dan terbagi menjadi dua bagian.

"Alih-alih ruang tamu di lantai dasar dan ruang pribadi di atas, keduanya dipaksa berdampingan dalam bentuk vertikal, yang dibagi dengan dinding tunggal," kata si arsitek.



Sumber Dezeen
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X