Tampil "Nyentrik", Beginilah Lahan Parkir Warna-warni untuk Publik!

Kompas.com - 10/07/2014, 16:42 WIB
Agar tampak energik, para arsitek merancang fasad spasial yang dinamis dan sangat menarik. Elevasinya terdiri dari panel logam berwarna-warni dengan tangga eksternal yang menampilkan visual dengan berani menerobos untuk sirkulasi. www.designboom.comAgar tampak energik, para arsitek merancang fasad spasial yang dinamis dan sangat menarik. Elevasinya terdiri dari panel logam berwarna-warni dengan tangga eksternal yang menampilkan visual dengan berani menerobos untuk sirkulasi.
Penulis Latief
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Behnisch Architekten dan studio Jantzen bekerja sama merancang Sity of Santa Monica Parking Structure #6, sebuah sarana parkir untuk publik. Sarana parkir ini dibangun untuk berbagai tujuan utama penduduk setempat dan wisatawan di daerah pusat kota di pantai Los Angeles.

Tak hanya khusus parkir. Bangunan ini menyajikan perpaduan banyak hal, mulai pertokoan, pejalan kaki, pengendara motor, pengendara mobil, lanskap bervegetasi, dan tempat-tempat untuk istirahat dan relaksasi.

www.designboom.com Fungsi fasad berpori-pori tersebut untuk memediasi masuknya cahaya siang hari. Hal itu khusus dirancang untuk mengantarkan cahaya jauh ke area parkir sehingga tidak terlalu menyilaukan.
Agar tampak energik, para arsitek merancang fasad spasial yang dinamis dan sangat menarik. Elevasinya terdiri dari panel logam berwarna-warni dengan tangga eksternal yang menampilkan visual dengan berani menerobos untuk sirkulasi.

Fungsi fasad berpori-pori tersebut untuk memediasi masuknya cahaya siang hari. Hal itu khusus dirancang untuk mengantarkan cahaya jauh ke area parkir sehingga tidak terlalu menyilaukan.

www.designboom.com Fungsi fasad berpori-pori tersebut untuk memediasi masuknya cahaya siang hari. Hal itu khusus dirancang untuk mengantarkan cahaya jauh ke area parkir sehingga tidak terlalu menyilaukan.
Setiap modul terdiri dari dua panel segitiga, salah satunya dibuat berlubang dan berwarna putih, sementara yang lainnya berbentuk siku. Yang terakhir berfungsi untuk menangkap dan mengarahkan sinar matahari ke dalam ruang interior dengan cermin.

Skema sirkulasi tersebut mengarahkan pelanggan parkir ke jalan kedua di bawah gedung, yaitu tempat mayoritas kegiatan publik terjadi. Tangga tersebut dibagi menjadi beberapa bagian dengan sudut elevasi yang besar.

www.designboom.com Skema sirkulasi tersebut mengarahkan pelanggan parkir ke jalan kedua di bawah gedung, yaitu tempat mayoritas kegiatan publik terjadi. Tangga tersebut dibagi menjadi beberapa bagian dengan sudut elevasi yang besar.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X