Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Keliru, Ini 5 Pilihan Kayu untuk Gazebo!

Kompas.com - 10/07/2014, 16:00 WIB
KOMPAS.com - Ingin menambahkan gazebo, sebagai tempat bersantai di taman rumah Anda? Jangan lupa! Anda tak boleh menyepelekan pemilihan material yang akan digunakan. Apalagi, ruang kecil ini akan terus diterpa oleh drastisnya perubahan cuaca.

Sebenarnya, banyak bahan yang dapat Anda pakai, seperti bambu, besi, kaca, atau batu. Namun, kebanyakan gazebo biasanya dirancang menggunakan kayu, yang terkenal dengan kehangatannya.

Sebelum membangunnya, cek dulu kayu apa saja yang bisa Anda pakai untuk gazebo. Simak berikut ini:

1. Kayu Jati

Batang besar, lurus, dan dapat tumbuh setinggi 30m – 40m, merupakan karakter pohon jati. Bisa dipastikan, jika Anda menggunakan jenis kayu ini, gazebo di rumah Anda akan kuat dan tahan lama.

Tak hanya itu, kayu jati pun tahan akan api, panas, dan air sehingga cocok digunakan untuk gazebo taman yang sering terpapar perubahan cuaca. Namun, sayangnya, Anda harus merogoh kocek lebih dalam untuk membeli material ini, karena harganya sangat mahal.

www.houzz.com Keras, kuat, stabil dan tahan lama, merupakan beberapa kelebihan kayu ini. Merbau pun telah terbukti tahan terhadap serangga, serta kualitasnya sudah sebaik kayu jati. Tak heran, kayu ini cocok dipakai di daerah tropis, seperti rumah-rumah di Indonesia.
2. Kayu kelapa

Kayu ini juga bisa digunakan sebagai bahan gazebo di rumah Anda. Tak kalah dengan kayu jati, kayu ini pun memiliki banyak kelebihan yang mampu menjanjikan mutu gazebo yang baik, seperti kuat, mudah dijangkau, tahan panas dan air.

Namun, dari segi kualitas, kayu yang berserat garis-garis pendek ini masih berada di bawah kayu jati.

3. Kayu trembesi

Apakah dana Anda terbatas, tapi Anda ingin membuat gazebo? Tak perlu khawatir, kayu trembesi bisa menjadi alternatif penggantinya. Dengan harga terjangkau, kayu bertekstur unik ini dapat memberi keindahan tersendiri gazebo Anda.

4. Kayu merbau

Keras, kuat, stabil dan tahan lama, merupakan beberapa kelebihan kayu ini. Merbau pun telah terbukti tahan terhadap serangga, serta kualitasnya sudah sebaik kayu jati. Tak heran, kayu ini cocok dipakai di daerah tropis, seperti rumah-rumah di Indonesia.

Untuk membentuk suasana, warnanya yang cokelat kemerahan dapat menghadirkan suasana hangat di gazebo rumah Anda.

5. Kayu sonokeling

Dengan serat indah berwarna ungu bergurat hitam atau hitam keunguan, kayu ini juga bisa menjadi pilihan untuk material gazebo Anda. Sifatnya pun kuat dan awet sehingga sesuai digunakan di luar ruang. Sayangnya, kayu sonokeling susah didapat di pasaran.

(Satya Nita Pratama)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com