Kompas.com - 07/07/2014, 13:29 WIB
Penulis Tabita Diela
|
Editor M Latief

KOMPAS.com - Satu lagi bangunan yang sepenuhnya dibuat dari kayu. Kali ini, tidak hanya material bangunannya yang menarik, namun juga lokasinya. Bangunan residensial tersebut berada di atas tanah tidak rata atau curam.

Pembangunan rumah di tanah yang tidak rata atau curam merupakan satu tantangan tersendiri. Namun, bukan berarti hal tersebut mustahil dilakukan. Buktinya, arsitek asal Jepang, Tomoaki Uno, berhasil membangun hunian istimewa di atas tanah berkontur janggal.

Uno menyebut karyanya dengan nama "Hitostuyama House". Secara khusus, sang arsitek membangun rumah ini untuk sebuah keluarga dengan dua anak. Di bagian dalam Uno menggunakan konsep ruang terbuka atau open space. Cara tersebut membuat "Hitostuyama House" bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan pemilik rumah.

Dalam blog-nya, sang arsitek menggambarkan bahwa "Hitostuyama House" terdiri dari dua lantai. Lantai terbawah, yang berada di bawah jalan raya, berukuran lebih besar dari lantai di atasnya.

Sementara itu, di bagian luar rumah ini disangga sekaligus dihias dengan rentetan balkon mengelilingi rumah. Sang arsitek rupanya meniru karya arsitek ternama, Le Corbusier, "Dom-ino House" dalam membuat rumah ini.

"Dom-ino House" merupakan struktur lantai terbuka (open floor). Struktur ini merupakan prototipe yang dibuat Le Corbusier sebagai "cetakan" untuk produksi massal hunian.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X