Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Kayu, Tetap Cantik di Tanah Curam

Kompas.com - 07/07/2014, 13:29 WIB
Tabita Diela,
M Latief

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Satu lagi bangunan yang sepenuhnya dibuat dari kayu. Kali ini, tidak hanya material bangunannya yang menarik, namun juga lokasinya. Bangunan residensial tersebut berada di atas tanah tidak rata atau curam.

Pembangunan rumah di tanah yang tidak rata atau curam merupakan satu tantangan tersendiri. Namun, bukan berarti hal tersebut mustahil dilakukan. Buktinya, arsitek asal Jepang, Tomoaki Uno, berhasil membangun hunian istimewa di atas tanah berkontur janggal.

Uno menyebut karyanya dengan nama "Hitostuyama House". Secara khusus, sang arsitek membangun rumah ini untuk sebuah keluarga dengan dua anak. Di bagian dalam Uno menggunakan konsep ruang terbuka atau open space. Cara tersebut membuat "Hitostuyama House" bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan pemilik rumah.

Dalam blog-nya, sang arsitek menggambarkan bahwa "Hitostuyama House" terdiri dari dua lantai. Lantai terbawah, yang berada di bawah jalan raya, berukuran lebih besar dari lantai di atasnya.

Sementara itu, di bagian luar rumah ini disangga sekaligus dihias dengan rentetan balkon mengelilingi rumah. Sang arsitek rupanya meniru karya arsitek ternama, Le Corbusier, "Dom-ino House" dalam membuat rumah ini.

"Dom-ino House" merupakan struktur lantai terbuka (open floor). Struktur ini merupakan prototipe yang dibuat Le Corbusier sebagai "cetakan" untuk produksi massal hunian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com