Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cantik dan Menarik, Menyulap Batako Menjadi Furnitur Rumah

Kompas.com - 01/07/2014, 15:21 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Anda tentu mengenal batako, material pembuat dinding rumah yang lazim digunakan selain bata merah. Rupanya, batako juga bisa dimanfaatkan untuk membuat berbagai furnitur, mulai meja mungil di sisi tempat tidur (nightstand) hingga lemari buku.

Penggunaan batako sebagai bahan pembuat furnitu pun tidak serta-merta membuat rumah Anda tampak murah dan berantakan. Berikut ini beberapa inspirasi penggunaan batako di rumah:

Sebelum mulai membuat furnitur dari batako, pertama-tama Anda perlu mengetahui kelebihan batako. Seperti dikutip dalam Apartment Therapy, batako cenderung murah, bahkan sangat murah. Kedua, Anda tidak perlu mengebor atau memaku perabot dari batako karena batako sudah cukuo berat dan tidak akan bergerak dari tempatnya. Ketiga, tampilannya bisa sangat menarik.

www.apartmenttherapy.com Anda bisa membuat meja kopi atau meja untuk menaruh televisi dengan menggunakan batako dan lembaran kayu. Letakkan dua batako saling sejajar, berikan jeda cukup besar antar batako. Kemudian, letakkan selembar kayu di atasnya.
Meja kopi

Langkah pertama, Anda bisa membuat meja kopi atau meja untuk menaruh televisi dengan menggunakan batako dan lembaran kayu. Letakkan dua batako saling sejajar, berikan jeda cukup besar antar batako. Kemudian, letakkan selembar kayu di atasnya.

Selanjutnya, letakkan kembali dua batako di atas kayu tersebut, persis di atas lokasi batako sebelumnya. Pastikan bagian berlubang batako tidak menghadap Anda. Hal ini membuat hasil akhir tampak lebih "rampung".

Namun, Anda juga bisa menghadapkan bagian berlubang batako pada Anda. Isi bagian berlubang tersebut dengan hiasan menarik.

Selain tempat menaruh televisi, Anda juga bisa menaruh berbagai buku di bawahnya. Cara ini bisa Anda manfaatkan untuk membuat meja kopi, rak buku, maupun nightstand. Intinya adalah menumpuk batako, memberikan permukaan sebagai tempat penyimpanan barang dengan menggunakan kayu, dan mengulangi kembali prosesnya.

www.apartmenttherapy.com Anda bisa memanfaatkan batako untuk memberikan variasi ketinggian tanaman di kebun Anda. Manfaatkan tumpukan batako sebagai rak tanaman.
Rak tanaman

Kedua, Anda bisa memanfaatkan batako untuk memberikan variasi ketinggian tanaman di kebun Anda. Manfaatkan tumpukan batako sebagai rak tanaman.

Agar lebih menarik, hias bagian dalam batako dengan berbagai warna mencolok. Untuk fungsi batako yang satu ini, Anda tidak perlu memberikan alas dari lembaran kayu. Biarkan saja pot langsunh diletakka. Di atas batako.

www.apartmenttherapy.com Jadikan deretan batako sebagai alas matras atau kasur Anda. Warnai bagian luar batako dengan warna hitam dan pastikan seprai, sarung bantal, sarung guling, dan bed cover Anda berwarna putih. Ini membuat kamar tidur Anda sederhana, namun menarik.
Alas matras

Ketiga, jadikan deretan batako sebagai alas matras atau kasur Anda. Warnai bagian luar batako dengan warna hitam. Kemudian, pastikan seprai, sarung bantal, sarung guling, dan bed cover Anda berwarna putih. Cara ini membuat kamar tidur Anda tampak sederhana, namun menarik. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com