Catat... Rumus Menghitung Kebutuhan AC di Rumah!

Kompas.com - 30/06/2014, 14:36 WIB
AC 1 PK mengeluarkan energi dingin sebesar 9000- 10.000 BTU, sedangkan ruangan butuh sekitar 12.000 BTU/jam. www.shutterstock.comAC 1 PK mengeluarkan energi dingin sebesar 9000- 10.000 BTU, sedangkan ruangan butuh sekitar 12.000 BTU/jam.
EditorLatief
KOMPAS.com - Banyak di antara kita sering mengabaikan luas ruangan dengan tingkat kebutuhan AC. Rasa mengigil yang mengigit tidak perlu Anda rasakan lagi jika Anda dapat membeli dan memasang alat AC secara tepat.

Selama ini, pemikiran yang seringkali terlintas adalah dengan ruangan kecil, maka yang dibutuhkan cukup hanya 1/2 PK. Atau sebaliknya, karena ruangannya besar, kita siapkan 2 PK.

Nyatanya, tidak demikian. Kita juga berpikir sudah lebih berhemat membeli satu AC ketimbang dua buah AC. Jangan sampai AC yang Anda beli terlalu besar alias pemborosan atau terlalu kecil alias kurang dingin.

Sebetulnya, ada rumus sederhana yang bisa dimanfaatkan dalam mencermati kebutuhan AC berikut ini: 

(L x W x H x I x E)/60 = kebutuhan BTU

L   = Panjang Ruang (dalam feet)

W  = Lebar Ruang (dalam feet)

I   = Nilai 10 jika ruang berinsulasi (berada di lantai bawah, atau berhimpit dengan ruang lain). Nilai 18 jika ruang tidak berinsulasi (di lantai atas).

H   = Tinggi Ruang (dalam feet)

E   = Nilai 16 jika dinding terpanjang menghadap utara; nilai 17 jika menghadap timur; Nilai 18 jika menghadap selatan; dan nilai 20 jika menghadap barat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber IDEA
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X