Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Istimewa, Desain Hotel Terapung Piala Dunia Qatar

Kompas.com - 24/06/2014, 10:58 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Ada-ada saja ide untuk merancang karya arsitektural unik, istimewa sekaligus monumental. Konsultan arsitek yang berbasis di Finlandia, Sigge Architects, baru saja melansir rancangan sebuah hotel sebagai fasilitas akomodasi untuk perhelatan Piala Dunia 2022 di Qatar.

Bukan sembarang struktur masif yang mereka desain, melainkan hotel mengambang (floating hotel). Sigge berkolaborasi dengan pengembang Admares, untuk mewujudkan ide membangun hotel bintang lima yang di dalamnya terdapat restoran, spa, klub malam, dan kolam renang atap gedung.

Sigge Architects Desain hotel terapung untuk Piala Dunia 2022 Qatar.
Menariknya, hotel ini dapat direlokasi ke kawasan tepi pantai lainnya dan tidak tergantung pada infrastruktur lokasi karena akan memiliki pengolahan limbah, pembangkit listrik dan fasilitas daur ulang mandiri.

Juru bicara Admares mengatakan, hotel terapung tersebut menyediakan semua layanan dan fasilitas yang sama dengan hotel yang dibangun di atas tanah sekaligus menawarkan sensasi pengalaman tambahan mengambang di atas air dan seluruh akses pemandangan laut lepas.

Sigge Architects Desain hotel terapung Piala Dunia 2022 Qatar.
"Sebuah hotel terapung adalah pilihan yang layak untuk daerah mana pun dengan ketersediaan lahan terbatas. Hotel ini bisa dikembangkan di mana saja," tulis Admares.

Hotel tersebut akan disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan pasar lokal seperti jumlah kamar, jenis restoran, jumlah dan lokasi kolam renang, penempatan balkon dan teras. Semuanya bisa disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan.

Sigge Architects Desain hotel terapung Piala Dunia 2022 Qatar.
"Arsitektur eksterior sepenuhnya dapat disesuaikan dengan lokasi lingkungan setempat. Selain itu, garasi untuk parkir kendaraan juga dapat dibangun di dalam kompleks hotel," jamin Admares.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com