Singapura Minta Malaysia Kaji Reklamasi Selat Johor

Kompas.com - 22/06/2014, 10:41 WIB
Ilustrasi. Proyek reklamasi Selat Johor. thestaronlineIlustrasi. Proyek reklamasi Selat Johor.
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Kementerian Luar Negeri (Ministery of Foreign Affairs) Singapura meminta Malaysia untuk serius mengantisipasi dampak lingkungan akibat pekerjaan proyek reklamasi raksasa di Selat Johor.

MFA beralasan, proyek yang bertajuk Forest City dan dibangun pengembang Malaysia, tersebut berpotensi menimbulkan dampak lintas batas yang lebih luas.

Kementerian memberikan pernyataan, menyusul laporan media Malaysia mengenai surat Perdana Menteri Lee Hsien Loong kepada Perdana Menteri Malaysia Najib Razak menanggapi reklamasi besar-besaran tersebut.

Juru bicara MFA juga mengatakan bahwa ada kewajiban internasional yang harus dipenuhi oleh otoritas Singapura dan Malaysia untuk saling bekerjasama memastikan pekerjaan reklamasi lintas batas tersebut terkendali.

Forest City yang menimbulkan polemik, akan mencakup pembangunan beberapa pulau buatan yang saling terhubung dengan total lahan seluas 2.000 hektar.

Melalui nota diplomatik, Singapura juga telah meminta Malaysia untuk memberikan semua informasi yang relevan, termasuk laporan pengkajian dampak lingkungan dan perkiraan tanggal penyelesaian proyek.

MFA mengonfirmasi bahwa mereka telah meminta pihak berwenang Malaysia untuk memberikan informasi lebih lanjut, sehingga dapat melakukan studi sesegera mungkin mengenai dampak reklamasi dan Malaysia sepakat dengan permintaan tersebut.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X