Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Singapura Minta Malaysia Kaji Reklamasi Selat Johor

Kompas.com - 22/06/2014, 10:41 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Luar Negeri (Ministery of Foreign Affairs) Singapura meminta Malaysia untuk serius mengantisipasi dampak lingkungan akibat pekerjaan proyek reklamasi raksasa di Selat Johor.

MFA beralasan, proyek yang bertajuk Forest City dan dibangun pengembang Malaysia, tersebut berpotensi menimbulkan dampak lintas batas yang lebih luas.

Kementerian memberikan pernyataan, menyusul laporan media Malaysia mengenai surat Perdana Menteri Lee Hsien Loong kepada Perdana Menteri Malaysia Najib Razak menanggapi reklamasi besar-besaran tersebut.

Juru bicara MFA juga mengatakan bahwa ada kewajiban internasional yang harus dipenuhi oleh otoritas Singapura dan Malaysia untuk saling bekerjasama memastikan pekerjaan reklamasi lintas batas tersebut terkendali.

Forest City yang menimbulkan polemik, akan mencakup pembangunan beberapa pulau buatan yang saling terhubung dengan total lahan seluas 2.000 hektar.

Melalui nota diplomatik, Singapura juga telah meminta Malaysia untuk memberikan semua informasi yang relevan, termasuk laporan pengkajian dampak lingkungan dan perkiraan tanggal penyelesaian proyek.

MFA mengonfirmasi bahwa mereka telah meminta pihak berwenang Malaysia untuk memberikan informasi lebih lanjut, sehingga dapat melakukan studi sesegera mungkin mengenai dampak reklamasi dan Malaysia sepakat dengan permintaan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com