Kompas.com - 20/06/2014, 16:14 WIB
Kinetic Wall dibuat oleh arsitek asal Jerman, Frank Barkow dan Regine Leibinger. Konstruksi unik ini mengeksplorasi kemungkinan arsitektur bergerak. Konstruksi ini tampil dalam Venice Architecture Biennale 2014. Johannes FoersterKinetic Wall dibuat oleh arsitek asal Jerman, Frank Barkow dan Regine Leibinger. Konstruksi unik ini mengeksplorasi kemungkinan arsitektur bergerak. Konstruksi ini tampil dalam Venice Architecture Biennale 2014.
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Venice Architecture Biennale 2014 menampilkan berbagai karya unik. Salah satu karya yang berhasil menarik perhatian adalah dinding bernapas "Kinetic Wall". Dinding ini didesain oleh firma arsitektur Barkow Leibinger.

Pendiri Barkow Leibinger, Frank Barkow dan Regine Leibinger, berhasil menunjukkan kepada publik kemungkinan adanya "arsitektur bergerak" di masa depan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kinetic Wall" sebenarnya merupakan prototipe yang sengaja dibuat untuk program "Fundamentals" dalam acara arsitektur internasional dua tahunan di Venesia.

Menurut para arsitek yang terlibat dalam pembuatannya, prototipe ini ingin menilik kembali mimpi bahwa arsitektur bisa bergerak, secara kinetis. Lewat modernisme, mimpi ini pertama kali direalisasikan pada abad ke-20.

Johannes Foerster Kinetic Wall merupakan prototipe yang dibuat khusus untuk Venice Architecture Biennale 2014. Permukaan dinding ini diaktifkan dengan titik-titik motor yang membentuk tonjolan dan ceruk pada waktu-waktu tertentu.

"Kinetic Wall" dibuat dari kain sintetis, rangka kayu, dan rangkaian simpul yang diberikan motor. Simpul-simpul tersebut akan maju dan mundur sesuai program dan membentuk permukaan unik pada "Kinetic Wall".

Dinding unik ini menawarkan masa depan yang menarik bagi dunia arsitektur. "Kinetic Wall menawarkan masa depan alternatif, sebuah arsitektur yang secara material maupun spasial dinamis, dengan material alami, maupun sintetis dan hasil daur ulang," ujar para arsitek.

Berikut ini video demonstrasi "Kinetic Wall" dalam Venice Architecture Biennale 2014.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Dezeen
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.